19.1 C
New York
Wednesday, September 18, 2024

Dapat Jatah Pimpinan DPRD, 4 Parpol Pemenang di Kota Medan Belum Tentukan Nama

Medan, MISTAR.ID

50 anggota DPRD Kota Medan periode 2024-2029 sudah resmi dilantik, Selasa (17/9/24) kemarin. Pimpinan Sementara DPRD Kota Medan juga sudah ditunjuk, yakni Wong Chun Sen dari PDIP dan Syaiful Ramadhan dari PKS.

Namun sampai saat ini, nama-nama yang akan menjadi pimpinan definitif DPRD Kota Medan masih menjadi teka-teki. Beberapa nama sudah bermunculan, namun belum ada keputusan pasti terkait siapa yang akan duduk.

Seperti Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Informasi yang berhembus bahwa kursi pimpinan akan diberikan kepada Kasman Lubis selaku Ketua DPD PKS Kota Medan. Namun, sampai saat ini nama tersebut belum diputuskan oleh DPP.

“Kalau yang kita rekomendasikan cuma 1 nama, yaitu ustaz Kasman. Meski begitu DPP yang menentukan. Bisa saja DPP punya nama lain, yang jelas apapun hasilnya tetap kita hormati,” ucap Sekretaris DPD PKS Kota Medan, Doli Indra Rangkuti saat dikonfirmasi Mistar, Rabu (18/9/24).

Baca juga:Pimpinan DPRD Siantar Harus Kembalikan Mobil dan Rumah Dinas Paling Lambat 2 Oktober

Sementara dari Gerindra, dua nama sudah dikirimkan ke DPP untuk mengisi kursi pimpinan DPRD Kota Medan. Adapun salah satunya Zulkarnaen yang meraih suara tertinggi dari daerah pemilihan (Dapil) III Kota Medan.

“Salah satunya benar, ada nama Zulkarnaen. Namun tak elok kalau kita sebutkan nama yang lain. Permintaan DPP dikirim 2 nama agar ada pembanding, makanya kita kirim 2 nama untuk kursi pimpinan. Untuk siapa yang menjadi pimpinan tentu DPP yang memutuskan,” kata Ketua DPC Gerindra Kota Medan, Ihwan Ritonga saat dikonfirmasi Mistar.

Ihwan menyebut, pihaknya juga mengirim 2 nama untuk menjadi Ketua Fraksi Gerindra di DPRD Kota Medan.

“Jadi yang diminta DPP itu nama-nama untuk Pimpinan dan Ketua Fraksi, dan itu sudah kita berikan. Kemungkinan bulan depan sudah ada nama-namanya, makanya kita tunggu saja dari DPP ya,” tutup pria yang kini duduk sebagai Anggota DPRD Sumut ini.

Untuk Partai Golkar, Sekretaris DPD II Golkar Medan, Mulia Asri Rambe saat dikonfirmasi Mistar menyebut bahwa saat ini 6 kader Golkar yang duduk sebagai anggota DPRD Kota Medan memiliki peluang untuk menjadi pimpinan.

Baca juga:Wali Kota dan Pimpinan DPRD Sibolga Berikan Bantuan kepada Korban Kebakaran

“Masih tarik menarik ini, makanya masih kita pleno kan dulu. Yang jelas semuanya punya peluang yang sama,” katanya.

Terakhir, Bendahara DPC PDIP Kota Medan, Boydo Panjaitan saat dikonfirmasi Mistar mengatakan bahwa saat ini pihaknya sudah mengirimkan 5 nama ke DPD PDIP Sumut untuk diteruskan ke DPP dalam menentukan pimpinan di DPRD Kota Medan.

“5 nama itu adalah Robi Barus, Margareth, Paul Simanjuntak, Wong Chun Sen dan Johannes Hutagalung. Untuk siapa yang akan menjadi pimpinan tentu ibu Ketua Umum yang menentukan,” kata Boydo.

Soal nama yang berpeluang besar menjadi pimpinan, Boydo menyebut bahwa PDIP selalu mengedepankan demokrasi yang sehat, termasuk kaum minoritas.

Baca juga:17 September, 50 Anggota DPRD Kota Medan Dilantik

“Yang jelas saat ini yang ditunjuk dari DPP sebagai Pimpinan Sementara adalah Wong Chun Sen. Bisa saja itu akan tetap berlanjut menjadi definitif. Apalagi kan Pak Wong anggota DPRD Kota Medan 3 periode juga,” ucapnya.

Soal unsur Ketua Sekretaris dan Bendahara (KSB), Boydo mengaku bahwa itu akan menjadi tolok ukur juga dalam menentukan nama yang akan menjadi pimpinan.

“Namun bukan mutlak harus KSB. Contohnya seperti Ketua DPRD Sumut periode lalu, alm Baskami Ginting bukan unsur KSB, namun ibu Ketua Umum memberikannya jabatan ketua. Yang kita tahu ibu Ketua Umum kerap mengedepankan kaum minoritas dalam menentukan pimpinan untuk demokrasi yang sehat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, yang mendapat jatah kursi Ketua DPRD Kota Medan adalah PDIP, sementara PKS Wakil Ketua 1, Gerindra Wakil Ketua 2 dan Golkar Wakil Ketua 3. (rahmad/hm17)

Related Articles

Latest Articles