19.7 C
New York
Wednesday, September 18, 2024

Musim Hujan, Produksi Listrik PLTMH Hatonduhan Lebih Maksimal

Simalungun, MISTAR.ID

Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Hatonduhan, Kabupaten Simalungun menghadapi tantangan jika musim hujan. Meski begitu, sejauh ini masih aman dan dapat beroperasi dengan baik.

Koordinator PLTMH Hatonduhan, Rony mengatakan, musim penghujan adalah musim yang baik untuk unit PLTMH karena untuk persediaan air selalu cukup untuk operasi unit di beban maksimumnya.

Ia menjelaskan agar 500 unit rumah tetap dapat menikmati aliran listrik dari PLTMH Hatonduhan, pihak pengelola harus selalu siaga.

“Kita selalu siaga 24 jam untuk pengoperasian di aliran sungai, sehingga jika diketahui ada yang mengalami kerusakan dapat segera diambil tindakan,” ujarnya kepada mistar.id, Rabu (18/9/24).

Baca juga: Musim Hujan, Kondisi PLTMH Hatonduhan Masih Aman

Ia menambahkan untuk Kendala di musim penghujan berada di penyaluran listriknya atau jaringan 20 KV yang sering gangguan saat hujan turun dan disertai angin kencang. Rony mengatakan selain itu untuk perawatan rutin dilakukan setiap 2 hari sekali.

“Perawatan dilakukan untuk mengecek komponen atau peralatan yang digunakan pada PLTMH” pungkasnya.

Perlu diketahui, PLTMH Hatonduhan dapat beroperasi mengandalkan salah satu aliran sungai itu cukup deras, yang mengalir dari ketinggian dengan jumlah debit air per detiknya terus mengalir ke bawah bangunan.

Aliran itu memutar poros turbin mesin. Energi mekanik dihasilkan. Selanjutnya energi itu menggerakkan generator dan menghasilkan aliran listrik. (abdi/hm20)

Related Articles

Latest Articles