18.3 C
New York
Tuesday, September 17, 2024

Fasilitator Harap Program Sekolah Penggerak Tetap Berkelanjutan

Medan, MISTAR.ID

Menjadi Fasilitator dalam Program Sekolah Penggerak (FSP) memberikan kesempatan untuk memperluas wawasan dan pengalaman di dunia pendidikan, khususnya di lingkungan sekolah.

Seorang fasilitator, Sukatno, yang telah menjalani pengabdian selama dua tahun mengungkapkan bahwa peran ini memungkinkan penerapan ilmu yang diperoleh di kampus ke lapangan. Selain itu, juga membuka peluang untuk mengenal lebih dalam Kurikulum Merdeka dan memperluas jaringan dengan sesama fasilitator melalui pertukaran pengalaman.

“Saya menjadi fasilitator di Sekolah Luar Biasa (SLB) di Sumatera Utara (Sumut). Ada enam sekolah binaan. Saat ini terhitung menjadi fsp selama dua tahun berlalu dan satu tahun ke depan, karena surat tugas kami selama tiga tahun,” katanya kepada Mistar.id, Selasa (17/9/24).

Baca juga: Cek Beasiswa S1-S3 Rusia 2025, Kesempatan Kuliah Gratis Tanpa TOEFL/IELTS

Dosen Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan ini mengatakan melalui program yang dijalankannya, sekolah menjadi lebih terbuka dan siap menerima berbagai kegiatan yang diadakan.

“Satuan pendidikan sudah berkolaborasi antara sekolah binaan serta sekolah mampu mengimbaskan ilmu yang kita sampaikan ke sekolah lain,” lanjutnya.

Menurutnya, program ini memiliki dampak besar dalam segi motivasi untuk terus belajar dan berbagi pengetahuan.

Baca juga: Kesempatan Kuliah S1 Gratis di Korsel Sudah Dibuka

Kekuatiran akan anggapan perubahan pemimpin maka akan ada perubahan peraturan atau program pun menjadi sebuah bayangan semu bagi sebagian orang yang menjalankan program tersebut.

Alumni Magister Universitas Negeri Padang (UNP) ini berharap anggapan ini tidak terjadi.

“Harapannya mana yang sudah digagas atau program yang sudah berjalan seharusnya ada kelanjutan, mana yang baik bisa ditingkatkan mana yang kurang bisa diperbaiki,” ujarnya.

“Jangan berubah, seperti yang selama ini anggapan berubah pimpinan, berubah peraturan serta berubah kegiatan yang seharusnya selalu mendukung kegiatan yang baik. Semoga program sekolah penggerak ini bisa berlanjut sehingga manfaat tersebut dapat dirasakan oleh semua elemen masyarakat,” tutupnya. (susan/hm25)

Related Articles

Latest Articles