18.3 C
New York
Tuesday, September 17, 2024

Ferbrianto Manalu Ditunjuk jadi Plt Kadis Kesehatan Tapteng

Tapteng, MISTAR.ID

Ferbrianto Manalu ditunjuk sebagai Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) menggantikan Nurlailan Batubara. Pergantian secara mendadak itu telah dilakukan sejak, Jumat (13/9/24).

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapteng, Erwin Hotmansah Harahap membenarkan pergantian jabatan secara mendadak itu dilakukan dengan alasan tugas di Dinas Kesehatan terlalu berat untuk diemban Kepala Dinas Kesehatan yang lama Nurlailan Batubara.

“Ya benar, mulai kemarin tepatnya hari Jumat (13/9/24), Plt Kadis Kesehatan sudah berganti. Itu murni karena penilaian kami atas manajemen kepemimpinan di sana,” ujarnya, Selasa (17/9/24).

Erwin menilai pergantian dilaksanakan mengingat kalau tugas di Dinas Kesehatan itu sangat berat, apalagi dengan adanya kasus-kasus dugaan korupsi yang sedang berjalan menimpa di instansi tersebut.

Baca Juga : Rumah Pribadi Mantan Kadinkes Tapteng Digeledah Tim Penyidik Kejati Sumut

Selain itu, alasan pertimbangan lainnya yakni di Dinas Kesehatan sedang ada berlangsung proyek pengadaan barang dan jasa.

“Menurut pengamatan kami, pejabat yang lama terlampau berat untuk melaksanakan tugas kegiatan itu. Maka untuk menggantikan posisi Plt di Dinas Kesehatan, kami percayakan kepada Febrianto Manalu, karena memang basicnya adalah seorang dokter,” jelasnya.

Sekedar diketahui, dua kasus dugaan tindak pidana korupsi pemotongan biaya Operasional Kesehatan (BOK) serta uang Jasa Pelayanan (Jaspel) Puskesmas Tahun Anggaran 2018 hingga 2022 dan dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan dan penyelewengan penanganan Dana Covid-19 Tahun Anggaran  2021-2022 di Dinas Kesehatan Tapteng sedang ditangani Ditreskrimsus Polda Sumut.

Selain itu, Tim Penyidik Tindak Pidana Khusus (Tim Pidsus) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) sudah menahan tersangka atas nama N, mantan Kadis Kesehatan Tapteng terkait dugaan tindak pidana korupsi berupa pemotongan BOK dan uang Jaspel Puskesmas di Kabupaten Tapteng Tahun Anggaran 2023. (feliks/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles