18.4 C
New York
Tuesday, September 17, 2024

Pemkab Labuhanbatu Tekankan Pentingnya Kesiapsiagaan Hadapi Potensi Bencana

Labuhanbatu, MISTAR.ID

Asisten 3 Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu Zaid Harahap, menekankan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bencana, baik yang diakibatkan oleh faktor alam, non-alam, maupun ulah manusia.

Hal tersebut disampaikannya peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN) di Lapangan Diklat Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (17/9/24).

“Cuaca yang tak menentu dapat memicu terjadinya bencana kapan saja. Oleh karena itu, seluruh elemen pemerintah dan masyarakat diimbau untuk terus meningkatkan kewaspadaan,” ujarnya.

Selain itu, Zaid juga memberikan perhatian terhadap wabah penyakit cacar monyet atau monkeypox yang mulai muncul. Penyakit ini ditularkan melalui hewan yang terinfeksi seperti monyet, tupai, atau tikus.

Baca Juga : Pemkab Labuhanbatu Dukung Kegiatan yang Mencerdaskan Anak

Dalam menghadapi situasi ini, dia mengimbau agar edukasi dan informasi terkait pencegahan serta penanganan penyakit disampaikan secara luas kepada masyarakat.

Ia menegaskan bahwa upaya penanggulangan bencana dan wabah bukan hanya menjadi tanggung jawab Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) saja, tetapi juga seluruh lapisan masyarakat, pemerintah, dan badan usaha.

Kerja sama semua pihak sangat diperlukan untuk membangun ketangguhan masyarakat dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat, aman, serta siap menghadapi segala tantangan. (yazis/hm24)

 

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles