24.8 C
New York
Saturday, September 14, 2024

Penyerahan Dokumen Bapaslon Masinton-Mahmud, Aswin Lubis: Bawaslu Mengawasi Bukan Mengintervensi

Tapteng, MISTAR.ID

Ketua Bawaslu Sumatera Utara (Sumut), M Aswin Diapari Lubis terlihat hadir memantau penyerahan berkas atau dokumen syarat bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Masinton Pasaribu-Mahmud Effendi Lubis di Kantor KPU Tapteng Kecamatan Pandan, Sabtu (14/9/24).

M Aswin Diapari Lubis menjelaskan pihaknya hanya menjalankan tugas pokok dan fungsi sesuai ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Kami di sini bukan untuk mengintervensi, atau pun hal lain tetapi sebagai pengawas pemilu. Mungkin akan muncul asumsi dari berbagai pihak. Sehingga kami berharap, proses ini tetap berjalan sesuai ketentuan dan undang-undang dan PKPU maupun aturan lain yang berlaku terkait persyaratan pencalonan kepala daerah,” katanya saat diwawancarai mistar.

Baca juga : Masinton Sempat Marah, KPU Tapteng Akhirnya Serahkan Berita Acara Syarat Pencalonan Masinton-Mahmud

Dia mengatakan kedatangannya ke Kabupaten Tapteng dalam rangka monitoring supervisi, terkait rekrutmen Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang diselenggarakan 12-28 September 2024.

“Kebetulan, ada kegiatan hari ini yang sempat menjadi sorotan dan viral. Kami dari Bawaslu Sumut sekadar mengawasi dan tidak masuk ke dalam persoalan wilayah penelitian berkas, karena itu adalah ranahnya KPU,” ujar M Aswin Diapari Lubis saat keluar dari Kantor KPU Tapteng.

Sebelumnya, KPU Tapteng telah menyerahkan berita acara penerimaan dokumen syarat bapaslon Masinton-Mahmud (MAMA) kepada Plt Ketua DPC PDIP Tapteng, Sarma Hutajulu dan Ketua Partai Buruh, Tao Junjungan Sianipar, Sabtu malam (14/9/24).

Baca juga : Dampak Masalah Masinton, KPU Kembali Buka Pendaftaran Bapaslon

Acara yang berlangsung sejak pukul 14.00 WIB tersebut dipimpin Ketua KPU, Wahid Pasaribu didampingi Komisioner Helman Tambunan, Fahri Zulamin Rambe, dan Mdh Fadli Wanri Putra Hutagalung.

Meski sempat terjadi debat kusir, KPU Tapteng akhirnya menyerahkan berita acara penerimaan dokumen pencalonan bapaslon Masinton-Mahmud sekira pukul 20.00 WIB. (feliks/hm18)

Related Articles

Latest Articles