18.6 C
New York
Saturday, September 14, 2024

10 Kontingen Ikuti Eksibisi Teqball PON XXI

Deli Serdang, MISTAR.ID

Eksebisi cabang olahraga (Cabor) Teqball resmi dibuka di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, yang  diikuti 10 kontingen, yakni Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat, Riau, dan Papua.

Ketua Panitia Pelaksana Eksebisi Teqball, Umar Aryo Seno Junior menyatakan tujuan eksebisi Teqball untuk mempersiapkan di PON selanjutnya.
“Rangkaian ini harus dilakukan untuk syarat dipertandingkan di PON selanjutnya dan eksebisi ini merupakan yang pertama di PON XXI,” jelasnya saat ditemui di GOR Futsal Dispora Sumut, Sabtu (14/9/24).

“Teqball ini pasti untuk melahirkan atlet-atlet yang bisa berkancah di internasional, karenakan prospek Taqball ini sangat luar biasa kencangnya,” sambungnya.

Baca juga:Tujuh Nomor Pertandingan Golf PON XXI 2024 Pakai Format GROSS

Jika disetujui International Olympic Committee (IOC) Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Teqbal Seluruh Indonesia (PP POTSI) akan melakukan eksebisi di Los Angeles 2028.

“Tentunya ini menjadikan kesempatan bagi Indonesia dimana latar belakang kita adalah sepak takraw yang bisa blend dengan Cabor Taqball,” ucapnya.

Lebih lanjut, jika eksebisi di Los Angeles 2028 dilakukan, otomatis Teqball akan masuk sebagai Cabor di PON NTB-NTT sehingga harus optimis untuk memajukan olahraga Teqball.

Dalam eksebisi Teqball akan memainkan 5 kategori nomor yaitu single putra, single putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran dan akan berlangsung sejak (14/9/24) hingga (16/9/24) di GOR Futsal Dispora Sumut.

Baca juga:Menpora RI Membuka Cabor E-sport PON XXI Perdana

Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Kadispora) Sumatera Utara (Sumut), Baharuddin Siagian juga berharap pengurus provinsi bisa melakukan teleskoting terhadap para atlet.

“Tentu ini menjadi salah satu cabor yang akan kita bina, karena memang atlet sepak takraw, atlet futsal, bisa juga main di Taqball ini,”pungkasnya. (berry/hm17)

Related Articles

Latest Articles