17.1 C
New York
Friday, September 13, 2024

Tiga Polisi Iran Tewas dalam Serangan Kelompok Ekstremis

Teheran, MISTAR.ID

Tiga petugas polisi di Iran tenggara tewas dalam serangan yang dilaporkan dilakukan oleh kelompok ekstremis yang aktif di wilayah tersebut. Seorang warga sipil juga terluka dalam serangan itu.

Menurut AFP, penyerangan itu terjadi di Sistan dan Baluchestan, salah satu provinsi termiskin di Iran, pada Jumat, 13 September 2024.

“Pasukan polisi Iran menjadi sasaran penjahat bersenjata di Provinsi Mirjaveh, Sistan dan Baluchestan, yang mengakibatkan kematian tiga petugas dan melukai satu warga sipil,” lapor Kantor Berita IRNA.

Kondisi warga sipil yang terluka belum diungkapkan lebih lanjut.

Baca Juga : Iran Diklaim Lokasi Kawin Silang Nenek Moyang Manusia

Provinsi Sistan dan Baluchestan mayoritas dihuni oleh minoritas Baloch, yang sebagian besar adalah Muslim Sunni di negara yang pemerintahannya menganut Islam Syiah.

Laporan IRNA menyatakan bahwa polisi diserang di sebuah pompa bensin setempat.

Kelompok ekstremis Sunni Jaish al-Adi telah mengaku bertanggung jawab atas serangan mematikan itu dalam sebuah pernyataan melalui Telegram. Kelompok yang sama sebelumnya mengaku bertanggung jawab atas serangan bulan lalu di kota Khash, juga di Provinsi Sistan dan Baluchestan, yang menewaskan kepala departemen investigasi kriminal setempat.

Jaish al-Adi juga mengklaim telah mengatur dua serangan lain pada bulan April di wilayah yang sama, yang mengakibatkan kematian 10 personel keamanan Iran. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles