23.8 C
New York
Friday, September 13, 2024

Harga Tak Sesuai, DPRD Desak Pemko Batalkan Perpanjangan Sewa Medan Mall

Medan, MISTAR.ID

DPRD Medan menilai perpanjangan masa sewa Medan Mall yang merupakan aset milik Pemko Medan telah melanggar aturan.

Untuk itu, perpanjangan masa sewa Medan Mall kepada PT Medan Megah Development (MMD) yang berlangsung periode November 2023 hingga November 2026 mendatang harus dibatalkan.

“Perpanjangan masa sewa tersebut jelas-jelas telah melanggar aturan. Kita minta segera dibatalkan,” ucap anggota Komisi III DPRD Medan, Mulia Syahputra Nasution, pada Jumat (13/9/24).

Baca juga:Terlalu Murah, Komisi III Minta Pemko Lelang Ulang Penyewaan Medan Mall

Dikatakan, seyogyanya perpanjangan masa Medan Mall yang dilakukan pada tahun 2023 harus melalui tahapan appraisal (penilaian) harga sewa oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

“Tapi pada kenyataannya Pemko Medan tidak melakukan appraisal. Bahkan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), pihak Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) jelas-jelas mengaku bahwa appraisal hanya dilakukan di tahun 2021 atau saat pertama kali PT MMD menjadi pihak yang menyewa Medan Mall,” kata Mulia.

Dia menilai harga sewa Medan Mall periode November 2023-November 2026 oleh PT MMD senilai Rp35 miliar tidak wajar. Meskipun diketahui, harga sewa itu terbilang naik bila dibandingkan dengan masa sewa periode November 2021-2023 dengan nilai Rp20 miliar.

Baca juga:Komisi III Pertanyakan Sistem Perpanjangan Sewa Medan Mall

“Yang perlu diketahui pada tahun 2021 Kota Medan sedang dilanda Covid-19, ekonomi sedang carut marut, ketika itu saja harga sewa Medan Mall mencapai Rp10 miliar/tahun. Seharusnya di tahun 2023 di saat kita sudah bangkit dari Covid-19, kenaikan harga sewa Medan Mall bisa jauh lebih tinggi, bukan hanya naik dari Rp10 miliar/tahun menjadi sekitar Rp11,7 miliar/tahun,” ketusnya.

Sebagai rujukan, sambung Mulia, bahwa harga sewa Rp35 miliar bukan hanya untuk pengelolaan gedunl, akan tetapi juga termasuk pengelolaan lahan parkir di sekitar Medan Mall.

“Saat inspeksi mendadak (sidak) ke Medan Mall, kami mendapatkan data bahwa pajak parkir yang disetorkan PT MMD kepada Bapenda Medan sangat tinggi. Makanya kita minta Pemko Medan merevisi kembali harga sewa Medan Mall yang telah ditetapkan. Pastikan harga sewa yang baru melalui tahapan appraisal,” pungkasnya. (rahmad)

Related Articles

Latest Articles