17.1 C
New York
Thursday, September 12, 2024

Kendala Teknis, Partai Semifinal dan Perempat Final PON XXI Ski Air Ditunda

Toba, MISTAR.ID

Kendala teknis di lapangan karena munculnya enceng gondok membuat partai semifinal dan perempafinal cabang olahraga (cabor) Ski Air PON XXI 2024 yang seyogiyanya digelar di Danau Toba, Kamis (12/9/24), ditunda. Meski sudah dibersihkan, tapi partai semifinal kategori wakeboard putri dan perempat final untuk putra belum bisa dilaksanakan.

Hal tersebut sesuai yang diutarakan Homologator Judge Ski Air PON XXI, Nigel Talamo bahwa seluruh agenda yang terjadwal hari ini tidak dapat dilakukan dengan sepenuhnya, hanya beberapa saja yang bisa karena faktor teknis di lapangan.

“Setelah melihat kondisi yang dapat dilakukan hanya uji coba, dimana percobaan lapangan untuk kategori jumping dan slalom selebihnya akan ditentukan kemudian untuk dapat dilanjutkan,” ujar Nigel.

Menurut dia, alasan dari tidak terlaksananya seluruh pertandingan akibat enceng gondok yang memenuhi jalur lintasan. Proses pembersihan membutuhkan waktu sehingga jadwal yang seharusnya dipergunakan sebagai tahap awal tidak lagi sesuai waktu yang ditetapkan.

Baca Juga : Enceng Gondong yang Penuhi Lokasi Cabor Ski Air Sudah Dibersihkan

Sementara untuk mengejar waktu yang tertinggal tidak dapat dilakukan karena ketersedian speedboat yang ada tidak sesuai dengan standar kecepatannya.

“Belum lagi waktu yang dibutuhkan memperbaiki rute lintasan yang bergeser akibat arus air, karena apabila tidak kita lakukan dapat berdampak insiden yang mencelakai peserta lomba,” ucapnya.

Sekada informasi, perubahan jadwal bukan hanya untuk hari ini saja. Pertandingan yang dijadwalkan, Jumat (13/9/24), besok sama sekali tidak dilakukan.

“Seperti kita ketahui rutinitas untuk masyarakat Balige, Kabupaten Toba dilaksanakan pasar tradisional (Onan) sudah tentu akan mengganggu pertandingan ski air, karena akan banyak perahu rakyat yang berseliweran yang dapat menimbulkan gelombang besar sehingga menggangu rute pertandingan,” tandasnya.

Kendala tersebut sebenarnya sudah diperhitungkan oleh panitia PON, sehingga dibuat program jadwal pelaksanaan selama 11 hari terhitung tanggal 9 – 19 September 2024. Sesungguhnya dalam pertandingan normal untuk ski air dapat dilaksanakan hingga selesai selama 6 hari saja. (nimrot/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles