16.1 C
New York
Thursday, September 12, 2024

Tiga Amanat Penting Susanti Dewayani pada Perumda Tirta Uli Siantar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani menyebutkan bahwa untuk menjadikan perusahaan air minum yang terbaik, diperlukan peningkatan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Di antaranya, menjaga kualitas, kuantitas, kontinuitas, penerapan teknologi baru hingga digitalisasi.

Hal itu dikatakannya saat memimpin langsung apel gabungan yang digelar di halaman Kantor Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Uli, Jalan Porsea, Kamis (12/9/2024).

Susanti mengajak jajaran Direksi dan karyawan Perumda Tirta Uli Kota Pematangsiantar untuk terus menjaga kebersamaan dan solidaritas. Karena air bersih merupakan kebutuhan dasar yang harus terpenuhi.

Baca juga:Perumda Tirta Uli Manfaatkan Sembilan Sumber Mata Air di Simalungun

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama, baik dari Pemerintah Kota (Pemko), terlebih Perumda Tirta Uli, yang bukan sebatas penyediaan air bersih, tetapi juga menjaga keberlangsungan dan keberlanjutan sumber daya air untuk generasi yang akan datang,” paparnya.

Di dalam penyediaan air bersih, kata dia, harus mengikuti dan menyelesaikan tiga aspek, yakni kuantitas, kualitas, dan kontinuitas. Ia menekankan beberapa hal penting untuk menjadi perhatian.

“Pertama, perbaikan dan peningkatan kualitas layanan harus terus dilakukan. Kita menyadari masih banyak tantangan dalam distribusi dan kualitas air, tetapi dengan inovasi dan kerjasama kita semuanya, saya yakin kita dapat menghadapi tantangan ini, terutama untuk pelayanan prima kepada masyarakat. Itu yang menjadi prioritas utama pelayanan kepada masyarakat,” terangnya.

Kedua, sebut Susanti, tata kelola perusahaan yang baik dengan mengimplementasikan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan keterlibatan stakeholder untuk memastikan keputusan dan operasional perusahaan dilaksanakan dengan integritas dan efisiensi yang tinggi, yang harus terus dijaga.

Baca juga:Meteran Air Kerap Dicuri, PDAM Tirta Uli Dampingi Pelanggan Lapor Polisi

“Sebagai perusahaan milik daerah, Perumda Tirta Uli dapat menjadi contoh dalam pengelolaan yang baik dan benar dengan mengutamakan prinsip tersebut,” sebutnya.

Pada kesempatan tersebut, Susanti menyampaikan selama tiga tahun berturut-turut Perumda Tirta Uli mendapatkan BUMD Awards, mulai tahun 2022, 2023, dan 2024. Capaian tersebut merupakan puncak prestasi yang luar biasa.

“Namun kita tidak boleh berpuas diri hanya sampai di sini. Kita harus terus berusaha untuk menjadi yang terbaik, untuk menjadi yang terdepan, untuk menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan daerah  lainnya,” ajaknya.

Baca juga:Program ‘Ramadhan Berbagi’ Perumda Tirta Uli Siantar, Ini Kata Wali Kota

“Untuk itu saya selaku wali kota menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Dirut, Direksi, Dewan Pengawas, serta seluruh keluarga besar Perumda Tirta Uli,” sambungnya.

Poin ketiga, Susanti berharap Perumda Tirta Uli dapat terus berinovasi, baik dalam hal teknologi maupun di dalam manajemen operasional. Di era digital transformasi teknologi sangat diperlukan agar dapat bersaing dan memberikan pelayanan yang lebih efisien dan efektif.

Sementara itu, Dirut Perumda Tirta Uli, Arianto mengatakan bahwa pelayanan air bersih sebagai layanan dasar untuk tidak boleh terganggu. Ia pun berterima kasih pada Wali Kota Susanti, yang telah memberi amanat dan memantau perkembangan kesejahteraan masyarakat dan pegawai.

Oleh pihaknya, kata dia, amanat itu senantiasa terlaksana. Perumda Tirta Uli terus profesional dalam menyediakan pelayanan air bersih untuk masyarakat Kota Pematangsiantar. (jonatan/hm17)

Related Articles

Latest Articles