16.1 C
New York
Thursday, September 12, 2024

Enceng Gondong yang Penuhi Lokasi Cabor Ski Air Sudah Dibersihkan

Toba, MISTAR.ID

Jadwal percobaan lapangan kategori jumping, semifinal wake board putri dan perempat final wake board putra pada cabang olahraga (cabor) Ski Air PON XXI yang digelar di Danau Toba sempat terganggu, karena dipenuhi enceng gondok.

Kadis Kominfo Toba, Sesmon Butarbutar mengatakan, kendala terjadi karena faktor alam atau kondisi cuaca yang terjadi di kawasan Danau Toba. Menurutnya, kendala yang terjadi di luar kemampuan tuan rumah, karena enceng gondok datang dari luar Kabupaten Toba.

Sesmon mengatakan, sebagai tuan rumah antar dinas terkait telah melakukan antisipasi. Tetapi karena cuaca dan hujan deras yang disebabkan alam, maka pihaknya tidak bisa memprediksi.

“Kondisi seperti ini disebabkan oleh hujan deras disertai angin kencang yang terjadi, sehingga enceng gondok terbawa arus dari Muara dan Samosir yang memenuhi arena pertandingan. Itulah penyebab percobaan lapangan mengalami penundaan,” kata Sesmon, Kamis (12/9/24).

Baca Juga : Target 10 Emas, Nicholas Buka Keran Medali Wushu Sumut di PON XXI 2024

Disampaikan Sesmon, kondisi ini langsung ditangani atau diantisipasi oleh TNI, BWSS dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Toba yang melakukan upaya pembersihan lokasi.

“Berkat upaya gotong royong dari seluruh tim, enceng gondok akhirnya dapat dibersihkan,” ucapnya.

Pemerintah Toba selalu tuan rumah berharap, setelah upaya pembersihan sudah rampung jadwal yang sudah ditentukan hari ini dapat dilanjutkan kembali sehingga peserta dapat melaksanakan pertandingan dengan aman dan kondusif. (nimrot/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles