16.3 C
New York
Wednesday, September 11, 2024

Jalan Provinsi di Kelurahan Aek Parombunan Sibolga Makin Parah

Sibolga, MISTAR.ID

Sebagian badan Jalan Sudirman yang berada di Kelurahan Aek Parombunan, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga kondisinya makin parah. Pantauan Mistar di lokasi, Rabu (11/9/24), mendapati kerusakan jalan terlihat mulai dari persimpangan Jalan Eben Ezer hingga ke depan Madrasah Tsanawiyah Negeri, Sibolga.

Nyaris seluruh badan jalan sangat sulit dilintasi. Di pertengahan badan jalan seperti terbelah. Sementara di tengah badan jalan hingga ke sisi kanan, nyaris tak bisa dilintasi, karena hanya jalan tanah dan lubangnya cukup besar. Kendaraan yang melintas dari arah Utara menuju Selatan terpaksa mengambil bagian jalan ke arah kanan. Akibatnya, beberapa pengendara nyaris terlibat kecelakaan.

Selain itu, di persimpangan Jalan Eben Ezer hingga depan kantor Dinas Kebersihan dan depan Puskesmas, lobang juga terlihat menganga di badan jalan. Sejumlah bebatuan yang ditimbun sementara untuk menutupi lobang beberapa waktu lalu, juga terlihat mulai habis, sehingga lobang kembali terlihat.

Kawasan jalan itu sangat padat pada pagi dan siang hari, karena sedikitnya ada 4 sekolah lanjutan pertama dan sekolah lanjutan atas yang berada di situ. Apalagi kawasan tersebut merupakan jalan pendakian, jika kendaraan berasal dari Selatan menuju Utara dan sekaligus jalan lingkar atau jalan alternatif dari arah Pandan(Tapteng) menuju arah Tapanuli Utara (Taput).

Baru-baru ini saja, satu unit mobil tangki menyeruduk becak motor (betor) yang mengakibatkan 1 orang tewas. Kejadian ini termasuk penyebab dari parahnya jalan tersebut.

Baca Juga : Jalan Rusak di Gerbang Pelabuhan Sibolga Merusak Pemandangan

S Hutajulu, warga sekitar mengatakan, kerusakan badan jalan di lokasi acap kali membuat kecelakaan tunggal maupun tabrakan. “Karena kendaraan yang melintas dari arah Utara sering mengambil badan jalan dari arah kanan, dan membuat kendaraan dari arah sebaliknya nyaris terjadi kecelakaan. Ditambah lagi pada pagi dan siang hari arus lalu lintas di kawasan ini sangat ramai, karena kawasan ini adalah lokasi Pendidikan,” katanya.

Dia dan warga sekitar sangat berharap pihak UPT Dinas PU Provinsi Sumut dapat segera memperbaikinya. Kepala UPT Dinas PU Provinsi Sumut yang coba dikonfirmasi dengan mendatangi kantornya di Jalan Yos Sudarso Sibolga belum berhasil dikonfirmasi.

“Bapak sedang tugas luar,” kata salah seorang pegawai.

Beberapa waktu lalu, pimpinan DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani menjanjikan bahwa lanjutan perbaikan Jalan Sudirman direncanakan pada tahun 2025 mendatang. (poltak/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles