16.3 C
New York
Wednesday, September 11, 2024

Gus Ipul Mundur Sebagai Wali Kota Pasuruan Setelah Dilantik Jadi Menteri Sosial

Jakarta, MISTAR.ID

Saifullah Yusuf, yang akrab disapa Gus Ipul, resmi mundur dari jabatannya sebagai Wali Kota Pasuruan pada Rabu (11/9/24) setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Sosial (Mensos) di Istana Negara, Jakarta.

Gus Ipul menggantikan Tri Rismaharini yang mundur dari Kabinet Indonesia Maju untuk mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Per hari ini juga saya mundur sebagai Wali Kota Pasuruan, otomatis itu,” ujar Gus Ipul setelah dilantik di Istana Negara, seperti dilansir dari CNN.

Gus Ipul menyatakan bahwa menerima tawaran sebagai Mensos merupakan sebuah bentuk kepercayaan dari Presiden Jokowi. Ia juga menegaskan tidak akan melanjutkan karir politiknya di Pasuruan pada Pilkada 2024.

Baca juga: Presiden Jokowi Lantik Gus Ipul sebagai Menteri Sosial

Ia mengungkapkan bahwa keputusan untuk menjadi Mensos diambil setelah dihubungi oleh Istana Kepresidenan dalam 1-2 hari terakhir.

“Presiden tentunya memiliki maksud yang saya kira salah satunya adalah menata masa transisi,” kata Gus Ipul.

Pelantikan Gus Ipul sebagai Mensos dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 102/P Tahun 2024 tentang Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Selain Gus Ipul, dalam reshuffle kabinet kali ini, Aida Suwandi Budiman juga dilantik sebagai anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dan Irjen Pol Eddy Hartono diangkat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). (cnn/hm25)

Related Articles

Latest Articles