16.9 C
New York
Tuesday, September 10, 2024

Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia vs Australia 0-0

Jakarta, MISTAR.ID

Timnas Indonesia bermain imbang tanpa gol dengan Australia pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/9) malam.

Tim Merah Putih sempat mengusai permainan pada menit awal. Lewat tembakan yang mengarah ke gawang Australia, serangan dicoba dilancarkan Sandy Walsh dari sisi kanan. Namun Bola bisa diblok Matthew Ryan. Bola muntah pun tetapi sempat juga dimanfaatkan Rafael Struick, lagi-lagi Ryan menepisnya.

Tak berselang lama, Australia pun mencoba mengatur tempo dan ritme untuk keluar dari tekanan. Hingga sepertiga awal babak pertama, anak asuh Graham Arnold mulai mengusai bola dengan baik dan membuat Timnas Indonesia lebih banyak bertahan.

Pada menit ke-20 Australia memiliki peluang lewat sepakan Harry Soutar. Maarten Paes yang tampil apik mampu menepis kans tersebut. Dua menit kemudian Paes pun lagi-lagi menghalau sundulan Souttar. Selain tekanan Australia, ada kesalahan umpan pula dari lini belakang yang membuat situasi gawang sempat berbahaya.

Baca juga:Messi Absen, Argentina Libas Chile di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Australia kembali memiliki peluang emas melalui sepakan Nestory Irankunda pada menist 33, tetapi masih mengenai tiang kiri gawang pada menit ke-33. Bola sempat memantul ke kaki Paes. Untungnya laju bola tak berlanjut ke gawang dan dibuang.

Setelah skor imbang tanpa gol pada babak pertama, Shin Tae Yong memasukkan Witan Sulaeman menggantikan Rafael Struick.

Masuknya Witan membuat serangan Indonesia lebih berbobot pada awal babak kedua. Sementara Australia mencoba terus menekan.

Kemampuan Ragnar Oratmangoen membaca backpass pemain Australia membuat peluang cukup baik bagi Indonesia. Tendangan bola Ragnar masih bisa diblok Soutar.

Baca juga:Indonesia Huni Peringkat 4 Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kans lain dari Marselino Ferdinan diarahkan ke gawang. Sayangya, bola mengangkasa pada menit ke-57.

Semenit berselang pelanggaran Justin Hubner kepada Irankunda membuat tendangan bebas untuk Australia. Eksekusi Goodwin ditangkap dengan baik oleh Paes.

Penyelamatan gemilang kembali dilakukan Paes pada menit ke-67. Peluang Adam Taggart, yang baru masuk, bisa dimentahkan kiper FC Dallas tersebut.

Selanjutnya serangan balik Indonesia bisa membuat bola berada di kotak penalti Australia. Marselino terlihat dijatuhkan Cameron Burgess, namun wasit tidak menggubrisnya.

Thom Haye masuk pada menit ke-71 menggantikan Ivar Jenner.

Dominasi Australia terus terjadi. Indonesia masih kesulitan keluar dari tekanan tim tamu. Sundulan Awer Mabil pada menit ke-77 masih menyamping dari gawang Indonesia.

Baca juga:Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Timnas Indonesia Segera Miliki Kiper Naturalisasi

Pada menit ke-80 Pratama Arhan masuk menggantikan Marselino. Pergantian ini tidak mengubah alur permainan. Australia masih terus mencecar tuan rumah. Selanjutnya Wahyu Prasetyo dimasukkan menggantikan Sandy Walsh.

Australia yang mulai kedodoran pada menit-menit akhir juga mendapat ujian dari serangan Indonesia. Alur distribusi bola Indonesia tak berjalan dengan baik. Finishing pun tak membuahkan gol.

Skor 0-0 menjadi hasil akhir. Indonesia meraih dua hasil seri dari dua pertandingan.(cnn/hm17)

Related Articles

Latest Articles