14.5 C
New York
Monday, September 9, 2024

Dua Sungai Meluap, Ribuan Rumah Terendam Banjir di Binjai

Binjai, MISTAR.ID

Hujan lebat yang terjadi mulai, Minggu (8/9/24) sore, hingga Senin (9/9/24) dini hari membuat aliran Sungai Bangkatan dan Sungai Mencirim di Binjai meluap. Akibatnya ribuan rumah warga yang ada di pinggiran kedua sungai tersebut terendam banjir.

Banjir terparah melanda Kelurahan Setia, Kecamatan Binjai Kota dan Kelurahan Tanah Seribu, Kecamatan Binjai Selatan.

Selain menyebabkan ribuan rumah terendam banjir, satu unit rumah warga milik Fatimah (63 thn) yang berada di Kelurahan Setia, Kecamatan Binjai Kota hanyut terbawa derasnya banjir.

Menurut keterangan warga, air yang masuk ke rumah mereka mencapai satu meter.

“Air mulai masuk ke rumah kami jam 10 malam sampai jam 3 pagi dengan ketinggian satu meter.  Mulai surut setelah subuh tadi,” ujar Marwan (60) warga Kelurahan Setia.

Baca juga: Ringankan Beban Korban Banjir Binjai, Edy Rahmayadi Serahkan Bantuan Satu Ton Beras

Warga yang rumahnya terendam banjir saat ini telah mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sementara itu Wali Kota Binjai, Amir Hamzah yang meninjau lokasi banjir menyatakan, dari data pihaknya mencatat ada sebanyak 2.015 rumah warga yang ada di pinggir aliran Sungai Bangkatan dan Sungai Mencirim yang terdampak banjir.

“Tidak ada korban jiwa akibat banjir ini. Sejak malam tadi, personel BPBD dan Satpol PP Binjai sudah turun ke lokasi banjir untuk membantu evakuasi warga yang terdampak,” ujar Amir, Senin (9/9/24).

Hingga Senin siang, banjir yang menggenangi rumah warga mulai surut meskipun masih ada sebagian rumah warga yang masih terendam banjir.

Pemerintah Kota Binjai juga telah mendirikan tenda dan dapur umum di sejumlah titik. (endang/hm20)

Related Articles

Latest Articles