15.9 C
New York
Monday, September 9, 2024

Sukseskan PON XXI, BBPOM Medan Kirimkan Test Kit Makanan

Logo PON Aceh-Sumut.(f:ist/mistar)

Medan, MISTAR.ID

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Medan sudah mengirimkan test kit dalam menguji sajian makanan yang akan diberikan kepada atlet hingga official tim di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Test kit merupakan rapid test untuk menguji adanya borax, formalin hingga rhodamin dalam suatu makanan olahan.

Dalam mensukseskan PON 2024, Kepala BBPOM Medan, Martin Suhendri menuturkan, pihaknya membantu dalam pengamanan makanan bagi atlet, official tim hingga tamu terhormat.

Baca juga:Rute Terakhir Kirab Api PON di Medan, Hari Ini Menuju Lubuk Pakam

“Kami sudah kirimkan rapid test atau test kit untuk pengujian makanan-makanan yang akan diberikan untuk para atlet dan tamu kita,” ujarnya, pada Senin (9/9/24).

Lebih lanjut ia menghimbau, agar para produsen tetap menjaga kualitas makanannya supaya terhindar dari bahan berbahaya.

“Diharapkan betul dapur-dapur ataupun di mana sumber-sumber makanan yang menyediakan pangan untuk para atlet, official maupun para tamu terhormat dijaga higiene sanitasi dan harus bebas dari bahan berbahaya,” tegas Martin.

Baca juga:Presiden Jokowi Bertolak ke Aceh, Resmikan Infrastruktur dan Buka PON XXI

Untuk itu, BBPOM juga sudah mengawal perizinan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta mengadakan penyuluhan supaya mereka menerapkan cara produksi pangan olahan yang baik.

“Kami sudah mensosialisasikan UMKM juga jauh sebelum PON ada. Kepada UMKM ini mereka sudah paham tentang bahan-bahan berbahaya yang bisa merusak kesehatan,” pungkasnya (berry/hm16)

Related Articles

Latest Articles