12.8 C
New York
Sunday, September 8, 2024

Rapat Koordinasi DPSHP di Palas: Sinergi KPU dan Bawaslu Jadi Kunci Keberhasilan

Palas, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palas menggelar rapat persiapan pemutakhiran Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara serta Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas pada 2024.

Kegiatan ini berlangsung di Hotel Syamsiah, Minggu (8/9/24). Rapat koordinasi di hadiri Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Palas, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Rapat ini bertujuan untuk menyelaraskan pemahaman teknis antara penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan dalam penyusunan daftar pemilih menuju penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Baca juga: Efendi-Murphy Optimis Menang Pilkada Toba 2024 dengan Dukungan Nasdem

Dalam kesempatan tersebut, Alex Sabar Nasution, Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Lawas, menekankan pentingnya sinergi antara KPU dan Bawaslu dalam setiap tahapan pemilu.

“Penyelenggara teknis dan pengawasan pemilu harus saling mendukung dan berkoordinasi. Jadilah penyelenggara pemilu yang SALING, bukan yang PALING. Saling berkomunikasi, saling berkoordinasi, dan saling memeriksa serta memverifikasi data pemilih, baik secara administratif maupun faktual,” ujar Alex

Lebih lanjut, Alex menegaskan bahwa fungsi pengawasan adalah untuk meminimalisir pelanggaran selama pemilu.

Baca juga: Fenomena Kotak Kosong di Pilkada 2024, Pengamat: Tanda Bahaya Demokrasi

“Bawaslu hadir sebagai pengingat atau alarm agar pelanggaran bisa dicegah atau diminimalkan. Koordinasi yang baik dengan KPU sangat penting untuk mewujudkan pemilu yang berkualitas dan demokratis,” jelasnya.

Komisioner KPU Palas, Mardin Harahap bidang divisi SDM dalam sambutannya juga menyampaikan rapat koordinasi ini bertujuan untuk menyelaraskan pemahaman teknis antara penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan dalam penyusunan daftar pemilih menuju penetapan.

“Dengan adanya rapat koordinasi ini, diharapkan penyusunan DPT dapat berlangsung dengan lancar dan akurat, memastikan hak pilih setiap warga negara tersalurkan pada pemilu mendatang,” jelas Mardin. (iskandar/hm25)

Related Articles

Latest Articles