17 C
New York
Sunday, September 8, 2024

3 Obat Cacar Monyet Segera Masuk Indonesia

Jakarta, MISTAR.ID

3 jenis obat untuk Cacar Monyet (Mpox) akan segera masuk ke Indonesia. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengatakan tiga obat yang dimaksud adalah tecovirimat, cidofovir, dan brincidofovir.

“Ketiga obat ini sudah diproduksi, dan kami berharap melalui Kemenkes, kami dapat memberikan akses khusus agar obat-obat ini bisa masuk ke Indonesia,” kata Kepala BPOM, Taruna Ikrar belum lama ini, dilansir dari CNN Indonesia, Minggu (8/9/24).

Selain obat, pemerintah juga berencana mendatangkan vaksin Mpox dari luar negeri, salah satunya adalah vaksin Jynneos yang berguna untuk pencegahan sekaligus pengobatan.

“Di Indonesia, melalui akses khusus, kami sudah memiliki sekitar 7.600 dosis,” tambahnya.

Baca juga: Mpox di Jakarta Sudah Mencapai 59 Kasus

Taruna optimis Indonesia mampu menangani penyakit Mpox karena telah memiliki pengalaman dua hingga tiga tahun dalam menangani pandemi Covid-19.

“Saya yakin BPOM, bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan, sesuai arahan Presiden, akan berupaya melindungi dan mendampingi masyarakat secara maksimal, khususnya dalam tugas pengawasan obat dan makanan,” ujarnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 14 Agustus telah menetapkan Mpox sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Menjadi Perhatian Internasional (PHEIC) setelah peningkatan kasus di Republik Demokratik Kongo dan beberapa negara Afrika.

Sementara itu, Kemenkes mencatat hingga Agustus 2024, Indonesia telah melaporkan 88 kasus konfirmasi Mpox sejak 2023-2024. Kasus terbanyak berada di Jakarta dengan 59 kasus, diikuti Jawa Barat dengan 13 kasus, dan Banten dengan 9 kasus. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles