21.4 C
New York
Saturday, September 7, 2024

Densus 88 Tangkap Dua Teroris Berafiliasi JAD dan ISIS

NTB, MISTAR.ID

Detasemen Khusus atau Densus 88 Antiteror berhasil menangkap dua orang terduga teroris yang berafiliasi dengan kelompok Jamaah Ansharuh Daulah (JAD) sekaligus simpatisan ISIS.

Penangkapan dilakukan Densus 88 di dua lokasi di Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Rabu (4/9/24) kemarin, keduanya pria dengan inisial LHM dan DW.

“Dilaksanakan penegakan hukum terhadap dua tersangka kelompok Anshor Daulah di Bima, Nusa Tenggara Barat,” kata Juru bicara Densus 88 Aswin Siregar pada Sabtu (7/9/24).

LHM aktif mengisi di forum-forum kaderisasi JAD di Bima. Aswin juga menjelaskan LHM juga berperan sebagai amir atau orang yang dituakan di dalam kelompok JAD Bima.

Baca juga:Densus 88 Tangkap Tiga Orang Terduga Teroris di Jatim

Sementara itu, DW berperan untuk melakukan kaderisasi. Sekaligus untuk melakukan pelatihan fisik di wilayah Bima dan sekitarnya dalam rangka penguatan fisik dan persiapan aksi teror.

“Mengikuti deklarasi ISIS/baiat massal mendukung dan bergabung menjadi anggota JAD Bima,” kata Aswin menjelaskan peran dua teroris.

Densus 88 mengimbau masyarakat waspada terhadap gerakan terorisme yang sistemik. Menurut Aswin, sejauh ini kelompok terorisme secara sistemis masih berupaya melakukan perekrutan dan menanamkan pemahaman yang keliru di tengah masyarakat.

“Dengan demikian, masyarakat hendaknya waspada dan mampu memilah agar tidak memasukkan anak-anaknya ke lembaga pendidikan yang mengajarkan pemahaman radikal,” ujarnya.(cnn/hm17)

Related Articles

Latest Articles