17.9 C
New York
Sunday, September 8, 2024

Gegara ini Indonesia Kehilangan Devisa Rp180 Triliun

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut negara kehilangan devisa capai Rp180 triliun karena masih banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih berobat ke luar negeri. Sang Presiden pun mengaku jengkel dengan sikap itu.

Orang nomor satu di Indonesia itu pun mengungkapkan alasan untuk menghadirkan sejumlah rumah sakit (RS) dengan standar hotel bintang lima agar masyarakat lebih berobat di dalam negeri.

“Saya masuk [RS] seperti masuk hotel bintang 5. Kalau RS seperti ini pelayanannya baik dan yang sakit cepat sembuh bukan malah kerasan karena RS-nya bagus. Ini akan mencegah kehilangan devisa kita kurang lebih Rp180 triliun tiap tahun,” kata Jokowi usai meresmikan Gedung Rumah Sakit Kemenkes Surabaya, Jumat (6/9/24).

Baca juga : Krisis Ekonomi, 4 Negara di Asia Berpotensi Rusuh

Ia menyebut masyarakat cukup aktif untuk pergi berobat ke luar negeri mulai dari Singapura, Jepang, Malaysia, dan Amerika Serikat. Hal tersebut menyebabkan negara kehilangan devisa hingga Rp180 triliun.

Oleh sebab itu, ia pun meresmikan gedung rumah sakit Kemenkes Surabaya yang menelan anggaran Rp2 triliun dengan harapan pembangunan rumah sakit modern ini dapat mengurangi minat masyarakat berobat ke luar negeri.

Related Articles

Latest Articles