14.9 C
New York
Sunday, September 8, 2024

PB PON Pastikan Opening Ceremony PON XXI Wilayah Sumut Sudah Matang 

Medan, MISTAR.ID

Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 wilayah Sumatera Utara (Sumut) memastikan opening ceremony yang akan digelar di Stadion Baharuddin Siregar, Lubuk Pakam bakal berjalan sesuai rencana nantinya.

Kepala Satpol PP Sumut sekaligus Kepala Bidang Upacara PB PON Sumut, Mahfullah P Daulay mengatakan opening ceremony wilayah Sumut bakal bersamaan dengan acara utama di Provinsi Aceh, Senin (9/9/24) mendatang.

“Baik jadi acara opening ceremony kita akan buka bersamaan dengan provinsi Aceh, kemudian bapak presiden akan membuka di Aceh, dan kita mengikuti acara bersamaan dari sana. Jadi MC disana dengan rundown akan sama dengan yang disini,” ujarnya kepada awak media di Media Centre PON XXI Hotel Santika, Jumat (6/9/24).

Baca juga: Venue PON Diharapkan Dapat Mendukung Pembinaan Atlet di Aceh

Mahfullah mengatakan saat ini persiapan opening ceremony sudah dalam tahap akhir. “Ya kita kalau disini digelar di Stadion Baharudin Siregar Lubuk Pakam, dan saat ini seluruhnya sudah ready, undangan sudah dibagikan, sistem pengamanan sudah finalisasi kemarin, dan skenario terhadap bidang-bidang sudah aman,” ungkapnya.

Dilanjutkan pria yang akrab disapa Ipunk tersebut jika nantinya ada lebih dari lima ribu masyarakat bisa menikmati di dalam stadion, sementara selebihnya berada di luar area stadion.

“Kalau daya tampung sudah aman, tapi ada beberapa area yang terpakai untuk panggung utama, yang membelakangi panggung utama itu terpotong, kita sudah hitung nanti ada 5.880 (orang) nanti yang bisa dipakai, tapi kami siapkan juga nanti di luar stadion untuk nonton, sehingga masyarakat yang tidak bisa masuk ke dalam, bisa nonton diluar,” tuturnya.

Baca juga: Salip Jatim dan Lampung, Jabar Pimpin Jauh Perolehan Medali PON XXI 

Dirinya mengatakan masyarakat yang ada di dalam stadion hanya diperuntukkan yang memiliki tiket dan undangan. Sementara itu dirinya pun memastikan untuk closing ceremony akan tetap digelar di Stadion Utama Sumut.

“5.880 orang itu nanti yang bisa masuk yang memiliki e-ticketing atau undangan yang kami siapkan nanti, untuk mengontrol dan mengawasi. Semua ini dalam rangka aman. Kalau Stadion Utama itu memang dari awal difokuskan untuk penutupan, saat ini sudah masuk finishing, tanggal 9 nanti sudah bisa dipakai untuk persiapan penutupan PON,” pungkasnya. (iqbal/hm25)

 

Related Articles

Latest Articles