16 C
New York
Tuesday, October 1, 2024

Suzuya Merdeka Mall Picu Kemacetan, Pemko Harus Bertanggung Jawab

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sejak dibuka Sabtu pekan lalu, Suzuya Merdeka Mall sebabkan kemacetan arus lalu lintas di Jalan Merdeka, Kecamatan Siantar Timur, terlebih lagi pada pukul 17.00-22.00 WIB. Kejadian itu disebabkan banyaknya kendaraan pengunjung parkir sampai ke badan jalan.

Anggota DPRD Pematangsiantar dari Partai NasDem, Robin Januarto Manurung kepada Mistar.id berpendapat, kemacetan itu disebabkan tidak kesiapan pengelola dan Pemko Pematangsiantar untuk mengantisipasi.

“Karena itu lahan Pemko Pematangsiantar yang dikontrak puluhan tahun. Dan mereka (Pemko) juga harus bertanggung jawab atas kemacetan,” kata Robin, Jumat (6/9/24) di Kantor DPRD Pematangsiantar.

Baca juga:Pelanggan Mall Suzuya Parkir di Badan Jalan, Arus Lalu Lintas Terganggu

Robin menyebut, membludaknya pengunjung jika adanya lokasi hiburan, mall baru di Kota Pematangsiantar merupakan budaya masyarakat. Namun hal itu, lanjut dia hanya akan berlangsung beberapa bulan kedepan.

Pun begitu, Robin menekankan, seharusnya Pemko Pematangsiantar dan pengelola harus mengantisipasi itu terlebih dahulu.

“Seperti yang saya sebutkan tadi, fenomena ini memang terus terjadi. Dan pengalaman itu yang harus dipikirkan terlebih dahulu,” sebutnya.
Baca juga:Pembangunan Gedung Merdeka Diminta Dihentikan, DPRD Sebut 4 Kali Surati Wali Kota Siantar

Gedung Suzuya Merdeka Mall dikatakan dia, memiliki Basement. Namun parkir bawah tanah itu tidak dapat menampung seluruh kendaraan pengunjung.

“Mereka bisa komunikasi dengan SMP N 1 maupun SMA 4 , kan masih dekat lokasinya itu. Bagaimana teknisnya, kita serahkan kepada pengusaha,” sambungnya.

Mengatasi kemacetan, lanjut Robin tidak cukup hanya menempatkan petugas Dishub maupun Kepolisian di lokasi. Namun harus memikirkan lokasi baru untuk sementara. (gideon/hm17)

Related Articles

Latest Articles