12.8 C
New York
Sunday, September 8, 2024

Kirab Api PON 2024 Tiba di Labuhanbatu dan Diterima Plt Bupati

Labuhanbatu, MISTAR.ID

Kirab api Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 tiba di Kabupaten Labuhanbatu, dan diterima langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati, Ellya Rosa Siregar di Lapangan Ika Bina Rantauprapat, pada Jumat (6/9/24).

Sebelumnya, iring-iringan kirap api PON melintas di Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel), dan singgah di Masjid Agung Rantauprapat memulai pawai menuju Lapangan Ika Bina Rantauprapat.

Ellya mengatakan, PON adalah ajang olahraga terbesar di Indonesia yang dilaksanakan setiap 4 tahun sekali. PON pertama kali dilaksanakan di stadion Sriwedari Surakarta/Solo pada 9 September 1948 lalu.

Baca juga:Besok Kirab Api PON XXI Tiba di Batu Bara, Arus Lalin Jalinsum Dialihkan

“Saya sebagai warga Labuhanbatu merasa bangga acara 4 tahunan ini diselenggarakan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) untuk yang kedua kalinya, setelah 69 tahun yang lalu,” ucapnya.

Menurutnya, PON 2024 adalah penyelenggaraan ke-21 merupakan ajang multi olahraga nasional utama yang dijadwalkan berlangsung dari tanggal 9-20 September 2024, pertama kali diselenggarakan di 3 daerah, yakni Provinsi Aceh dan Sumut, dengan motto ‘Bersatu Kita Juara’.

Sementara logo resminya merupakan penggabungan dari elemen Rencong, ulos Batak dan songket Melayu yang mencerminkan simbol kemegahan Aceh dan Sumut, serta 5 api yang menggambarkan 5 sukses PON, yaitu sukses penyelenggaraan, prestasi, pemberdayaan ekonomi rakyat, administrasi, dan pemanfaatan fasilitas pasca event.

“PON Aceh-Sumut 2024 akan digelar 46 cabang olahraga (cabor) yang diikuti 39 kontingen terdiri dari 38 provinsi dan ibukota nusantara. Kiranya kirab Api PON bukan sekedar seremonial, namun memiliki makna yang sangat mendalam api ini melambangkan semangat sportivitas,” tukasnya.

Baca juga:Tiba di Labusel, Kirab Api PON Disambut Meriah

Plt Bupati mengatakan, ada setidaknya ada 11 orang atlet Labuhanbatu yang ikut di PON ini, di antaranya atlet tinju, tarung derajat, karate dan voli.

“Harapannya, semoga atlet Labuhanbatu bisa mendapatkan emas dan membanggakan nama Kabupaten Labuhanbatu dan Sumut,” pungkasnya.

Turut mendampingi Plt Bupati Labuhanbatu menerima kirab api PON yakni Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kabag, Kaban dan Kemenag Labuhanbatu. Selanjutnya kirab menuju Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura). (yazis/hm16)

Related Articles

Latest Articles