19.8 C
New York
Saturday, September 7, 2024

KPU Batu Bara: Bapaslon Diberi Kesempatan Perbaiki Berkas

Batu Bara, MISTAR.ID

Bakal pasangan calon (bapaslon) masih diberi kesempatan melakukan perbaikan berkas pendaftaran di Kantor KPU Batu Bara.

Penjelasan tersebut disampaikan Koordinator Divisi (Koordiv) Teknis Perencanaan KPU Kabupaten Batu Bara, Sulianto didampingi Koordinator Divisi Hukum Burhan di ruang kerjanya, Kamis (5/9/24).

“Hari ini kita mengundang seluruh bapaslon untuk menjelaskan bila ada kekurangan berkas atau belum memenuhi syarat (BMS) seperti berkas yg diunggah ke Silon (Sistem Informasi Pasangan Calon) kurang jelas atau kabur atau belum ada surat pengunduran diri dari jabatan dapat melakukan perbaikan hingga Jumat (6/9/24) pukul 23.59 WIB,” ujar Sulianto.

Baca juga : KPU Batu Bara Tunjuk RSU Haji Medan Jadi Tempat Pemeriksaan Kesehatan Cakada

Terkait yang hadir dalam kegiatan tersebut dikatakan Sulianto boleh bapaslon, admin, penghubung atau partai pengusul.

Sementara itu, Koordiv Hukum KPU Batu Bara, Burhan menjelaskan pihaknya telah selesai melakukan pemeriksaan keabsahan ijazah 3 bapaslon.

“Pemeriksaan keabsahan ijazah kita lakukan pada 3 dan 4 September dengan mendatangi sekolah atau lembaga yang menerbitkan ijazah bakal calon. Tadi malam kita sudah pleno dan menetapkan bahwa ijazah 6 bakal calon dari ketiga bapaslon adalah sah,” jelas Burhan.

Menyinggung kasus yang menimpa bakal calon Bupati Batu Bara, Zahir yang saat ini telah ditahan di Polda Sumatera Utara, baik Sulianto maupun Burhan menjelaskan sudah ada Petunjuk teknis (Juknis) KPU Nomor 1229 tahun 2024 sebagai acuannya.

Related Articles

Latest Articles