12.8 C
New York
Sunday, September 8, 2024

Hasil Tes Kesehatan Bapaslon Simalungun Sudah Keluar, KPU: Resminya Ditetapkan Dalam Pleno

Simalungun, MISTAR.ID

Ketua KPU Kabupaten Simalungun Johan Septian Pradana mengatakan jika tes kesehatan bakal pasangan calon (Bapaslon) kepala daerah wilayah Simalungun telah keluar. Namun, hal ini akan terlebih dahulu dibahas dalam rapat pleno.

“Kalau untuk hasilnya sudah keluar. Hanya saja, resminya kita tetapkan dalam pleno. Kalau untuk hasilnya semua bagus,” ujar Septian, Rabu (4/9/24).

Lanjut Johan lagi, setelah KPU Simalungun menerima hasil tes kesehatan, tahapan selanjutnya adalah verifikasi berkas administrasi.

Baca juga: KPU Simalungun: Pemeriksaan Kesehatan Paslon 1-2 Agustus 2024

“Seperti ijazah dan yang lainnya. Setelah verifikasi lalu akan penetapan calon,” ujar Septian Johan lagi.

Seperti yang diketahui, pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu tahapan Pilkada guna memenuhi syarat dokumen dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Tes kesehatan calon kepala daerah dilaksanakan untuk menilai status kesehatan kandidat serta mengidentifikasi kemungkinan adanya ketidakmampuan secara jasmani dan rohani yang dapat mengganggu kemampuan menjalankan tugas dan kewajibannya.

Tahapan pemeriksaan kesehatan diatur dalam Keputusan KPU Nomor 1090 Tahun 2024 tentang pedoman teknis dan juga pemeriksaan kesehatan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024. (hamzah/hm20)

Related Articles

Latest Articles