16.9 C
New York
Monday, September 9, 2024

Masuk Cagar Budaya, Rumah Adat Simalungun Diperbaiki Sesuai Aslinya

Simalungun, MISTAR.ID

Rumah Bolon (Rumah Adat Simalungun) yang berada di Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, kini telah resmi menjadi Cagar Budaya. Nantinya rumah adat ini juga diperbaiki mengikuti bentuk aslinya. Terkait perbaikan pun tengah berjalan saat ini, Rabu (4/9/24).

Penetapan Rumah Adat Simalungun sebagai Cagar Budaya lewat hasil sidang yang dilakukan oleh para Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Simalungun. Dengan kondisi yang saat ini Rumah Bolon dilakukan perbaikan dapat menjadi daya tarik perhatian wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Simalungun Muhammad Fikri Damanik, menyampaikan pihaknya sudah melakukan peninjauan dari proses perbaikan Rumah Bolon. Proses perbaikannya ini pun membutuhkan waktu yang lama.

“Kemarin sudah kita tinjau perbaikannya, dan perbaikannya ini juga tidak sembarangan dan harus mengikuti bentuk aslinya,” ujar Fikri Damanik dikonfirmasi mistar, Rabu (4/9/24).

Baca juga:6 Ahli Cagar Budaya Kota Siantar Dinyatakan Kompeten

Lanjut Fikri lagi, terkait bentuk dan juga bahan-bahan dalam perbaikan rumah adat ini juga tidak sembarangan. Hal ini pun dilakukan agar nantinya Rumah Bolon memang betul-betul mengikuti bentuk aslinya.

“Kemarin juga sudah ditinjau mana-mana saja yang akan diperbaiki mengikuti bentuk aslinya. Kayunya saja itu harus direndam lagi agar tahan lama, memang prosesnya lama,” ujarnya lagi.

Diberitakan sebelumnya, adapun anggaran perbaikan rumah bolon yang dijadwalkan tahun depan sebesar Rp 3 miliar. Perbaikan atau pun konstruksi bangunan Rumah Bolon bersumber dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Provsu).

“Tahun depan sudah mulai pengerjaan dengan biaya kurang lebih Rp 3 miliar. Itu anggarannya dari Provsu. Semalam juga mereka sudah survei ke lokasi,” ujar Hermanto, Anggota Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Simalungun. (hamzah/hm17)

Related Articles

Latest Articles