20.1 C
New York
Monday, September 9, 2024

Hingga Agustus 2024, Pinjaman di Pegadaian Kanwil 1 Medan Capai Rp5,99 Triliun

Medan, MISTAR.ID

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Pegadaian Kanwil 1 Medan mencatat hingga bulan Agustus 2024 jumlah pinjaman atau outstanding loan (OSL) mencapai Rp5,99 triliun.

Kepala Humas & Protokoler PT Pegadaian Kanwil 1 Medan, Gopher Manurung mengatakan, pencapaian OSL ini masih mendominasi oleh layanan gadai yang menjadi prioritas core bisnis PT Pegadaian.

“Peningkatan OSL ini mulai dari periode Januari hingga Agustus 2024, dan telah disalurkan sebesar Rp896 miliar atau 86 persen yang bersumber dari layanan gadai, sedangkan penambahan Rp126 miliar berasal dari portofolio produk non gadai,” ujarnya, Rabu (4/9/24).

Gopher merinci, secara keseluruhan pinjaman senilai Rp5,99 triliun tersebut, sebesar Rp4,88 triliun untuk produk gadai sedangkan produk non gadai sebesar Rp1,31 triliun atau 23 persen.

Baca Juga : Harga Buyback Emas di Pegadaian Tembus Rp1.282.000 per Gram

“Untuk wilayah kerja operasional kanwil 1 ini meliputi dua provinsi besar yakni Sumatera Utara dan Aceh, per Agustus ini dan sudah melebihi target rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) yang ditetapkan dan tumbuh positif berdasarkan catatan OSL,” tambahnya.

Selain itu, sektor layanan gadai dan non gadai terus dikembangkan untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR), serta pembiayaan UMKM dengan jaminan sertifikat tanah atau BPKB.

“PT Peagadaian juga mengembangkan layanan one stop service agar masyarakat mudah berinvestasi emas atau melakukan pembayaran lainnya. Sehingga diharapkan masyarakat bisa datang ke pegadaian tidak hanya untuk gadai atau kredit tapi juga bisa berinvestasi,” ungkap Gopher. (dinda/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles