24.8 C
New York
Saturday, September 7, 2024

Mengenal Lebih Dekat Sosok Paus Fransiskus, Pemimpin Gereja Katolik Global

Jakarta, MISTAR.ID

Umat Katolik di Indonesia merayakan kunjungan bersejarah Paus Fransiskus ke Jakarta, yang berlangsung dari 3 hingga 6 September 2024. Ini adalah kunjungan ketiga Paus ke Indonesia, setelah Paus Paulus VI pada 1970 dan Paus Yohanes Paulus II pada 1989. Kunjungan Paus Fransiskus sempat ditunda dari jadwal awal 2020 akibat pandemi COVID-19.

Paus Fransiskus dikenal dengan nama lahir Jorge Mario Bergoglio. Berikut profil Paus Fransiskus dilansir dari berbagai sumber:

Latar Belakang Awal

Jorge Mario Bergoglio lahir pada 17 Desember 1936 di Buenos Aires, Argentina. Ia adalah anak dari pasangan imigran Italia, Mario dan Regina Sivori. Bergoglio menyelesaikan pendidikan sebagai Sarjana Teknik Kimia, sebelum memutuskan untuk memasuki jalur imamat, bergabung dengan Seminari Keuskupan Villa Devoto dan memasuki novisiat Serikat Yesus pada 11 Maret 1958.

Karier Akademis dan Imamat

Setelah menyelesaikan studi di bidang Humaniora di Chili, Bergoglio kembali ke Argentina pada 1963 dengan gelar di bidang Filsafat dari Colegio de San José di San Miguel. Ia mengajar Sastra dan Psikologi di Immaculate Conception College dan Colegio del Salvatore antara 1964 dan 1966.

Baca Juga : Tiba di Indonesia, Paus Gunakan Pesawat Komersil dan Innova

Pada 13 Desember 1969, Bergoglio ditahbiskan sebagai imam oleh Uskup Agung Ramón José Castellano. Ia kemudian melanjutkan studinya dalam bidang Teologi di Colegio San José dan menyelesaikan pelatihan lanjutan di Universitas Alcalá de Henares, Spanyol, sebelum mengucapkan kaul kekal sebagai seorang Yesuit pada 22 April 1973.

Karier Kepemimpinan dan Kepausan

Bergoglio kembali ke Argentina untuk melanjutkan karier akademisnya sebagai Profesor di Fakultas Teologi San Miguel dan Rektor Colegio Máximo Fakultas Filsafat dan Teologi. Pada 31 Juli 1973, ia diangkat sebagai Kepala Provinsi Jesuit di Argentina.

Pada 20 Mei 1992, Paus Yohanes Paulus II mengangkatnya sebagai Uskup Tituler di Auca dan Uskup Auksilier di Buenos Aires. Ia kemudian menjadi Uskup Agung Buenos Aires pada 1998 dan diangkat sebagai Kardinal pada 2001.

Paus Fransiskus terpilih sebagai Paus ke-266 menggantikan Paus Benediktus XVI pada 13 Maret 2013. Ia adalah Paus pertama yang berasal dari ordo Yesuit dan benua Amerika, terpilih pada hari kedua Konklaf Kepausan.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles