20.1 C
New York
Monday, September 9, 2024

Tiba di Indonesia, Paus Gunakan Pesawat Komersil dan Innova

Jakarta, MISTAR.ID

Rabu (3/9/24) sekira pukul 11.25 WIB, pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Jakarta.

Sesuai pengamatan dari tayangan langsung kedatangan Paus itu memakai pesawat komersil Alitalia.

Beberapa menteri terlihat menyambut kedatangan Paus di Terminal VVIP Soetta. Mereka adalah Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Gandi Sulistiyanto dan Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan, Michael Trias Kuncahyono.

Baca juga:Hari Ini Tiba di Indonesia, Berikut Jadwal Lengkap Kegiatan Paus Fransiskus

Diinformasikan kedatangan Paus ke Indonesia dalam rangka perjalanan apostolik selama tanggal hingga 6 September 2024.

Pemilik nama asli Jorge Mario Bergoglio ini merupakan Paus ketiga yang berkunjung ke Tanah Air. Itu sekaligus merupakan perjalanan apostolik Paus ke Indonesia setelah 35 tahun silam.

Awalnya yang berkunjung adalah Paus Santo Paulus VI pada 3-4 Desember 1970 lalu. Lalu Paus Santo Yohanes Paulus II melakukan lawatan ke Indonesia pada 9-14 Oktober 1989.

Uniknya, Paus tidak meminta sambutan yang mewah dari Indonesia. Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo, mengonfirmasi jika Paus memutuskan memakai mobil yang sehari-hari dipakai masyarakat kebanyakan di Tanah Air.

Baca juga:Kunjungi Indonesia, Berikut Agenda Kegiatan Paus Fransiskus

“Betul beliau memilih mobil yang banyak digunakan oleh warga di sini Toyota Innova,” sebutnya, pada Senin (2/9/24). Diinformasikan Paus tidak akan menginap di hotel selama di Jakarta dan memilih tinggal di Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan di Indonesia. “Yang di hotel rombongannya,” kata Suharyo.

Walaupun terbang dengan pesawat komersil ITA Airways, tetapi pesawat itu dicarter khusus bagi Paus dan rombongan. Selama kunjungannya, Paus dijadwalkan bersua Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Lalu berkunjung ke Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, serta memimpin misa di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), dan Stadion Madya di hadapan lebih dari 80.000 umat Katolik dari sejumlah penjuru. (kcm/hm16)

Related Articles

Latest Articles