19.2 C
New York
Monday, September 2, 2024

Perindagkop UMKM Dairi Gelar Pelatihan Berbasis SKKNI kepada 25 Pengurus Koperasi

Dairi, MISTAR.ID

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Perindagkop) Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi menggelar pelatihan manajerial berbasis standar kompetensi kerja nasional indonesia (SKKNI) kepada 25 pengurus dan pengawas koperasi di Gedung PLUT Raja Ekuten Asah Ujung Van Keppas Sidikalang, Senin (2/9/24).

Kegiatan pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Dairi, Surung Charles Lamhot Bantjin. Pj Bupati berharap agar manfaat kemajuan masing-masing Koperasi di Kabupaten Dairi menjadi koperasi yang tangguh dan mandiri sehingga mampu menghadapi tantangan untuk menuju Indonesia Emas 2045.

“Koperasi diharapkan mampu mewarnai masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Dairi,” harapnya sambil membuka secara resmi pelatihan tersebut.

Baca juga : UMKM di Dairi 21 Ribu, Prioritas Perindagkop Pendampingan

Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Dinas Perindagkop UMKM Dairi, Ronal Sitopu mengaku pelatihan itu menghadirkan Parluhutan Dalimunthe, dari Lembaga Sertifikasi Profesi Koperasi Jasa Keuangan (LSP-KJK).

“Kegiatan itu berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 2-4 September 2024,” ujar Ronal.

Diakui Ronal, sumber dana pada pelatihan itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik 2024 dengan kegiatan Peningkatan Kapasitas Koperasi Usaha Mikro dan Kecil (DAK NF PK2UMK) tahun anggaran 2024 dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Baca juga : Mahasiswa USI Kenalkan UMKM Lokal Lewat Bazar Merdeka

“Pemkab Dairi meyakinkan pemerintah pusat untuk turut mendorong dan berpartisipasi menggelorakan semangat berkoperasi di Kabupaten Dairi,” tutur Ronal.

Harapannya, melalui pelatihan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus Non Fisik itu mampu memberikan dampak positif untuk kemajuan koperasi dan UMKM Kabupaten Dairi. Amatan mistar.id, peserta pelatihan mayoritas terdiri dari para ASN, TNI dan Pegawai Rutan. (manru/hm18)

Related Articles

Latest Articles