7.5 C
New York
Friday, October 11, 2024

Hadapi Gempa Megathrust, BPBD Sumut Imbau Masyarakat Tetap Waspada

Medan, MISTAR.ID

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara (Sumut) mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan tidak panik dalam menghadapi gempa bumi megathrust.

Informasi gempa megathrust sendiri dikabarkan akan mengguncang sejumlah wilayah di Indonesia berdasarkan keterangan resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Kabar tersebut pun telah beredar luas di tengah-tengah masyarakat, meskipun belum diketahui kapan gempa dengan kekuatan besar itu akan mengguncang wilayah Indonesia.

Baca juga: Patut Diwaspadai, Zona Seismik Gap Megathrust Selat Sunda

“Tak bosan-bosan kami selalu mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan respons terhadap terjadinya fenomena alam dan juga selalu update dengan media sosial,” ucap Kabid Penanganan Darurat, Peralatan, dan Logistik BPBD Sumut, Sri Wahyuni Pancasilawati, saat dihubungi Mistar, Senin (2/9/24).

Kemudian, pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat Sumut khususnya untuk tidak panik dengan maraknya pemberitaan di media massa mengenai gempa megathrust.

“Dengan viralnya gempa megathrust ini, kami melalui BPBD kabupaten/kota agar mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak panik terhadap berita megathrust, ini hanya saja harus waspada,” tambah Sri.

Baca juga: Gempa Megathrust Berpotensi Terdampak di Sumut

Dalam menghadapi terjadinya gempa megathrust, dikatakan Sri, BPBD Sumut telah memberikan sosialisasi hingga edukasi kepada masyarakat.

“BPBD Sumut selalu mengadakan sosialisasi, edukasi, dan simulasi, serta pelatihan mitigasi penanggulangan bencana kepada masyarakat di kabupaten/kota se-Sumut,” jelasnya.

Kegiatan tersebut dilakukan, lanjut Sri, sebelum maraknya pemberitaan mengenai gempa megathrust beredar di media massa.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan agar masyarakat siaga ketika terjadi bencana. Kami bekerja sebelum viralnya gempa megathrust, karena bencana alam tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi,” pungkasnya. (deddy/hm25)

 

Related Articles

Latest Articles