22.7 C
New York
Sunday, September 1, 2024

Pengembangan UMKM dan Koperasi di Simalungun Dimulai Sejak 2022

Simalungun, MISTAR.ID

Kadis Koperasi dan UKM Simalungun, Marulitua Tambunan melaporkan bahwa, Pemkab Simalungun terus mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di kawasan tersebut sejak tahun 2022.

“Fokus pengembangan UMKM dan Koperasi dimulai sejak 2022,” ujar Marulitua saat menghadiri kegiatan Talkshow bagi para pelaku di lapangan bolakaki Panei Tongah, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun, Sabtu (31/9/24).

Lanjutnya, selama 2024, bantuan sarana dan prasarana alat produksi UMKM telah dibagikan sebanyak 1.807 unit dan 6 unit Honda Viar roda 3 untuk Koperasi.

Maruli mengatakan, bahwa pihaknya juga telah memberikan perhatian khusus kepada penggiat UMKM, antara lain memberikan bantuan sarana dan prasarana, modal produksi dan pelatihan kerja.

Baca juga: Edukasi Sertifikasi Halal, Dinas PMPTSP Medan Gelar Bimtek ke Pelaku UMKM

Ditambah lagi, sebanyak 584 anggota/penggiat Koperasi di Simalungun telah mengikuti penguatan kelembagaan, kapasitas SDM, dan pengembangan permodalan.

“Selain itu, Dinas Koperasi dan UMKM juga telah memberikan pelatihan kepada 2.548 pelaku UMKM berupa pelatihan Digital Marketing, E-commerce, Desain Produk, Pengembangan Usaha UP2K, Wirausaha Pemula, Barista dan Roasting Kopi,”jelas Maruli.

Khusus untuk bantuan alat produksi, Maruli mengatakan bahwa, pihaknya telah menyalurkan sebanyak 60 unit alat produksi kepada penggiat Koperasi serta bantuan sarana dan prasarana pendukung kepada 2.889 pelaku UMKM.

“Tak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Simalungun turut mendukung promosi dan pemasaran produk unggulan UMKM melalui pameran dan kerjasama dengan stakeholder,” kata Maruli. (hamzah/hm20)

Related Articles

Latest Articles