22.7 C
New York
Sunday, September 1, 2024

5 Paslon Pilkada 2024 Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSU Haji Medan

Medan, MISTAR.ID

Lima pasangan calon (paslon) yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Sumatera Utara menjalani pemeriksaan kesehatan di RSU Haji Medan pada Sabtu (31/8/24) pagi.

Kabid Pelayanan Medik dan Keperawatan RSU Haji Medan, Drg Fitrady Ulianda Siregar mengatakan, ada 8 KPU dari kabupaten/kota yang bekerja sama dengan RSU Haji Medan, Provinsi Sumatera Utara, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah.

“KPU yang terlibat meliputi Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Asahan, Kabupaten Batubara, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Karo, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kota Tebing Tinggi dan Kota Binjai,” katanya saat ditemui Mistar.id di RSU Haji Medan, Sabtu (31/8/24).

Rangkaian pemeriksaan kesehatan ini, sebutnya akan dilakukan selama 4 hari, dimulai Jumat (30/8/24) hingga Senin (2/9/24).

Baca juga: Pilkada 2024 Rentan Bertabur Uang, Shohibul: Masyarakat Harus Cerdas Memilih

“Pada hari Jumat kemarin telah dilakukan pemeriksaan kepada calon bupati dan wakil bupati dari Kabupaten Serdang Bedagai. Untuk hari ini Sabtu (31/8/24), ada lima pasangan calon dari empat kabupaten/kota, yaitu dari Kabupaten Batubara dua pasang calon, dari Kabupaten Asahan satu pasang calon, dari Kota Tebing Tinggi satu pasang calon, dan dari Kabupaten Karo satu pasang calon,” terangnya.

Pemeriksaan kesehatan bagi bapaslon, lanjutnya, sesuai dengan peraturan KPU nomor 1090 tahun 2024. Di mana terdapat 28 jenis pemeriksaan yang dilakukan.

“Tim pemeriksaan semua berasal dari RSU Haji Medan bekerjasama dengan BNN provinsi. Kalau yang untuk tim pemeriksaan ini banyak, mungkin ada sekitar 50-an orang karena perawat kita juga terlibat, dokter-dokter spesialis kita juga terlibat,” ucapnya.

Lama pemeriksaan kesehatan yang dilakukan masing-masing bapaslon, lanjut Fitrady, diperkirakan memakan waktu sekitar 7 hingga 8 jam.

Baca juga: 57 Dokter dan 153 Petugas Dikerahkan untuk Pemeriksaan Kesehatan Paslon Pilkada Sumut 2024

Sementara itu, Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Karo, Tino Mimana Sinuraya dan Onasis Sitepu, mengatakan mereka melakukan pemeriksaan kesehatan dalam rangka memenuhi persyaratan bagi pasangan bakal calon kepala daerah di Kabupaten Karo.

“Mudah-mudahan harapan kita hasil pemeriksaannya bagus dan kita bisa tetap melanjutkan tahapan-tahapan yang dibuat oleh KPU,” ujar Tino.

Ia menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada KPU kabupaten Karo yang telah memfasilitasi pemeriksaan kesehatan ini.

“Demikian juga kepada pimpinan RSU Haji dan seluruh jajarannya, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi. Sehingga nanti proses pemeriksaan kesehatan ini dapat berjalan dengan baik dan hasilnya juga sesuai dengan yang kita harapkan,” timpal Onasis. (susan/hm25)

Related Articles

Latest Articles