21.3 C
New York
Friday, August 30, 2024

Ciptakan Pemilihan Berkualitas, Panwascam Pangururan Tingkatkan Kapasitas PKD

Samosir, MISTAR.ID
Dalam menciptakan pemilihan yang berkualitas dan berintegritas, Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pangururan, Tetty Naibaho bersama anggota Boy Ture Sitanggang, dan Ronal Sinurat menggelar kegiatan penguatan kapasitas Pengawas Kelurahan/Desa(PKD) se-Kecamatan Pangururan, Kamis (29/8/24) sore, di Aula AE Manihuruk, Desa Lumban Suhi-suhi Toruan, Kecamatan Pangururan.

Ketua Panwascam Pangururan, Tetty Naibaho mengatakan bahwa setiap PKD harus memiliki kemampuan yang mumpuni dalam mengawasi proses tahapan pemilihan, mulai dari persiapan, pendataan pemilih, hingga proses rekapitulasi suara.

“Selain meningkatkan kualitas pengawasan, saya mengimbau kepada kawan-kawan PKD untuk tetap menjaga kesehatan dalam melaksanakan tugas pengawasan,” katanya.

Baca juga:Sterilkan Gedung KPU dan Bawaslu Sumut, Polisi Turunkan Anjing Pelacak

Tetty Naibaho berharap PKD se-Kecamatan Pangururan dapat meningkatkan kualitas pengawasan di daerah pemilihan Kecamatan Pangururan.

Ketua Bawaslu Samosir, Robinson Simarmata menekankan agar PKD bisa lebih meningkatkan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, serta meningkatkan kompetensi melalui diskusi berjenjang dengan Panwascam atau kepada Bawaslu melalui Panwascam.

“Mari kita melakukan pengawasan dan belajar dari Pemilu yang lalu, jangan lagi ada PSU (Pemungutan Suara Ulang) bahkan PSSU (Penghitungan Surat Suara Ulang) di Kecamatan Pangururan,” tegasnya.

Baca juga:Bawaslu Samosir Ajak Masyarakat Awasi Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati

Dalam kegiatan penguatan kapasitas PKD tersebut, Anggiat Sinaga memaparkan strategi pengawasan yang efektif, efisien dan akuntabel, berdasarkan pengalaman menjadi komisioner pengawas pemilu.

Anggiat menjelaskan untuk mewujudkan pemilihan yang berintegritas dan berkualitas, PKD wajib memahami tugas pokok dan fungsi pengawas Pemilu yang meliputi aspek cegah, awasi, kaji dan tindak.

“Disamping itu penting bagi kita untuk memperkuat solidaritas, integritas, mentalitas, dan profesionalitas. Ini adalah fondasi yang harus kita bangun bersama untuk memastikan bahwa proses Pemilihan berjalan dengan baik dan adil,” jelasnya.(josner/hm17)

Related Articles

Latest Articles