22.2 C
New York
Thursday, August 29, 2024

Pendaftaran Bapaslon Pilkada Toba Poltak-Gaga Tertunda Dua Jam Karena Sekretaris Parpol Mangkir

Toba, MISTAR.ID

Partai politik pengusung bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati, Poltak Sitorus-Puriam Naiborhu (Gaga) sempat kuatir dan kelabakan, khususnya bapaslon karena salah satu partai pengusung Ketua, Sekretaris dan Bendahara tidak lengkap. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toba terpaksa melakukan jeda selama dua jam.

Ketua KPU Toba, Sugar Sibarani mengatakan dari lima partai pengusung yakni PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat dan dari Partai Perindo salah satu pengurus KSB yaitu sekretarisnya tidak hadir maka diajukan tenggang waktu bagi bapaslon untuk menyelesaikannya.

“Sesuai PKPU sebelum kita melakukan penerimaan pendaftaran, hal pertama yang dilakukan pengecekan kehadiran pimpinan partai politik. Lalu didalam putusan 1229 ketika salah satu tidak bisa dihadirkan maka pendaftaran tidak bisa diterima,” ujar Sugar, Kamis (29/8/24).

Baca juga : Poltak-Gaga Kembalikan Formulir Bacalon Bupati dan Wakil Bupati ke PDIP, Bakal Patahkan Mitos?

Dikatakannya, upaya sudah dilakukan melalui video call namun tidak berhasil. Ternyata Sekretaris dari Partai Perindo sedang melakukan perjalanan dinas sehingga tidak bisa hadir saat bapaslon yang diusung mendaftar ke KPU.

“Pendaftaran dari bapaslon dapat kita terima setelah Sekretaris yang bersangkutan dapat membuktikan surat tanda bukti sedang melakukan perjalanan dinas dengan menunjukkan surat dari instansinya,” terangnya.

Diketahui, pemeriksaan kesehatan dari ketiga bapaslon akan dilakukan di Rumah Sakit Haji Adam Malik, Medan. Bapaslon Robinson-Toni pada tanggal 30-31 Agustus 2024 dan untuk bapaslon Efendi-Murphy dan bapaslon Poltak-Gaga pada tanggal yang sama 31 Agustus-1 September 2024.

Baca juga : Pilkada Serentak 2024, Tiga Bapaslon di Toba Bakal Bersaing

KPU Toba juga menyampaikan hingga pukul 20.00 Wib, Kamis (29/8/24) sudah tiga bapaslon yang melakukan pendaftaran ke KPU Toba dan belum ada bapaslon dan partai pengusung yang melakukan koordinasi atau menyampaikan surat pemberitahuan pendaftaran.

“Kendati demikian sesuai aturan, karena ini hari terakhir pendaftaran kita akan menunggu hingga pukul 23.59 Wib kehadiran bapaslon yang akan mendaftar ke KPU Toba sebelum dilakukan penutupan pendaftaran,” tandas Ketua KPU Toba. (nimrot/hm18)

Related Articles

Latest Articles