23.8 C
New York
Thursday, August 29, 2024

Gebyar Kebugaran Jasmani, Upaya Mewujudkan Masyarakat Deli Serdang yang Sehat

Deli Serdang I MISTAR.ID

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Deli Serdang menggelar Gebyar Kebugaran Jasmani bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non-ASN di Lapangan Bola Sei Semayang, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang,Kamis (29/8/24).

Kepala Dinas Kesehatan Deli Serdang sekaligus penyelenggara kegiatan,dr.H Asri Ludin Tambunan menyampaikan, kegiatan tersebut digelar dengan tujuan mewujudkan masyarakat Deli Serdang sehat.

“Dengan kegiatan ini, kita juga ingin memberi pemahaman kepada seluruh masyarakat tentang pentingnya berolahraga. Ini juga bentuk komitmen bersama seluruh masyarakat dalam upaya meningkatkan kesehatan, khususnya di Kecamatan Sunggal,” kata dr.Aci sapaan akrab Asri Ludin Tambunan.

Dijelaskan dr.Aci, gebyar kebugaran jasmani tersebut diikuti oleh 500 peserta. Acara tersebut juga diramaikan dengan berbagai rangkaian kegiatan. Di antaranya, senam bersama, pemberian tablet penambah darah, pemeriksaan hemoglobin (HB), pembagian kartu PBI-JK, pemeriksaan kesehatan gratis serta bakti sosial penurunan stunting bersama Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Deli Serdang.

Baca juga:Dinkes Deli Serdang Gagas Gebyar Kebugaran Jasmani dan Bagikan Bantuan untuk Anak Stunting Rp600 Juta

“Pemberian tablet penambah darah dan pemeriksaan HB ini terutama menyasar siswi-siswi remaja yang hadir. Karena, siswi-siswi ini merupakan cikal bakal seorang ibu. Kita harap agar HB mereka selalu di atas 12, karena jika di bawah 12, mereka tidak akan melahirkan keturunan yang sehat dan berpotensi stunting ke depannya,”papar Aci.

Kata Aci, jika seluruh ibu khususnya di Kabupaten Deli Serdang melahirkan anak yang sehat, tentu menghasilkan generasi terbaik dan generasi Indonesia Emas 2045 dapat tercapai.

“Kita juga membagikan kartu PBI-JK kepada sejumlah warga. Dari Januari-Agustus 2024, Dinas Kesehatan Deli Serdang telah membagikan 21.807 kartu. Khusus untuk kader posyandu, kita harapkan dengan adanya pembagian kartu ini dapat memberi semangat dan meningkatkan kinerja mereka,” tandasnya.

Baca juga:Tiga Mobil Ambulans Dinkes Deli Serdang Mangkrak: Agak Seram

Pj.Bupati diwakili Pj.Sekda Deli Serdang, Citra Effendi Capah dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk komitmen Pemkab Deli Serdang khususnya Dinkes dalam mewujudkan masyarakat yang sehat.

“Melalui olahraga rutin, tidak hanya menjaga kesehatan fisik, tapi juga dapat mempererat tali silaturahmi antar warga. Saya mengapresiasi apa yang dilakukan Dinas Kesehatan. Gebyar kebugaran jasmani ini bukti nyata sinergisitas antara pemkab dengan berbagai pihak. Semoga ini bisa menjadi agenda rutin dan terus ditingkatkan kualitasnya,” tutur Capah.

Dalam kegiatan itu, juga dilaksanakan Lomba Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Terlihat hadir Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Deli Serdang, Ismail dan Camat Sunggal,Danang Purnama Yuda.(rinaldi/hm17)

Related Articles

Latest Articles