29.3 C
New York
Thursday, August 29, 2024

Grab Respons Demo Driver se-Jabodetabek, Ungkap 3 Layanan Bagi Mitra

Jakarta, MISTAR.ID

Direncanakan hari ini, Kamis (29/8/24), aksi unjuk rasa dilakukan ribuan driver ojek online (ojol) se-Jabodetabek, dengan turun ke Jakarta.

Aspirasi mereka antara lain turunkan biaya potongan aplikasi sampai mensahkan pekerjaan driver ojol di dalam Undang-Undang (UU).

Respons pun diutarakan Grab Indonesia atas aksi demo driver ojol tersebut. Chief of Public Affairs Grab Indonesia, Tirza Munusamy menuturkan, mereka selalu menghargai hak mitra pengemudi dalam menyuarakan tuntutannya.

Baca juga:BPJS Ketenagakerjaan Raih Penghargaan Best Nation Wide Collaboration dari Grab

Tirza mengatakan, pihaknya juga menyediakan wadah terhadap Mitra untuk menyampaikan pendapat dan masukan lewat sejumlah saluran komunikasi yang ada, termasuk melalui layanan Grab Support maupun acara tatap muka antara utusan Grab dengan komunitas Mitra Pengemudi yang dilakukan secara berkala.

“Grab senantiasa menghargai hak Mitra Pengemudi dalam menyuarakan pendapat dan aspirasinya selama dilakukan dengan tertib, damai, dan berdasarkan peraturan yang berlaku,” paparnya, pada Rabu (28/8/24) malam.

Tirza menyebutkan, besaran tarif layanan pengantaran Grab sudah dihitung secara seksama berdasarkan ketentuan pasal 3 Peraturan Menteri Komunikasi dan Informasi (Permenkominfo) Nomor 1/Per/M.Kominfo/01/2012 tentang Formula Tarif Layanan Pos Komersial. Termasuk didesain untuk menjaga pendapatan Mitra Pengemudi, dan kestabilan permintaan pasar bagi layanan Grab.

“Kami menggaransi Grab Indonesia tidak pernah memotong pemasukan Mitra Pengemudi untuk dialokasikan menjadi diskon bagi konsumen. Semua biaya promosi yang Grab pakai bersumber dari perusahaan dan dirancang untuk membantu meningkatkan permintaan dari konsumen, hingga akhirnya diharapkan bisa mempengaruhi pendapatan para Mitra Pengemudi secara positif,” kata Tirza.

Baca juga:Grab Kini Hadir di Langkat, di Awal Berikat Disko Besar

Sejumlah layanan yang disediakan antara lain :

1. Menyediakan akses ke sejumlah jenis perlindungan
– Asuransi Kecelakaan. Kini Grab bermitra dengan PT MNC Asuransi Indonesia. Asuransi itu diterapkan bagi Mitra yang tengah bekerja di platform Grab, termasuk jika sebagai korban tindak kekerasan kriminal sampai dengan kecelakaan diakibatkan penyakit yang sedang dialami, selama Mitra tak melanggar peraturan lalu lintas (lalin).

– Asuransi Kesehatan. Grab juga bekerja sama dengan asuransi Allianz dalam memberikan pilihan asuransi kesehatan terjangkau terhadap para Mitra, seperti rawat inap, rawat jalan, hingga perawatan gigi.

– BPJS Ketenagakerjaan. Menjembatani pendaftaran Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) yang bisa diakses langsung dari aplikasi Mitra Grab.

Baca juga:Ratusan Driver Ojol Ikuti Pemeriksaan PTM dan Skrining TBC

2. Menyajikan Pelatihan Keselamatan untuk Mitra Grab (Pakem)
Pelatihan dilangsungkan melalui tatap muka dan berkala dengan topik menyangkut kualitas pelayanan, anti kekerasan seksual dan keamanan berkendara. Grab juga menyediakan ratusan variasi materi pelatihan secara online di Grab Academy yang diharapkan bisa meningkatkan dan menambah kemampuan serta kualitas kerja Mitra.

3. Menyediakan kegunaan GrabBenefits
GrabBenefits mampu membantu keperluan hidup dan j meringankan biaya operasional Mitra Pengemudi. Grab bermitra dengan partner bisnisnya mengembangkan sejumlah manfaat, seperti:

– Paket dengan harga khusus dapat dimanfaatkan Mitra Pengemudi, mulai dari sembako, makanan dan minuman, proteksi kesehatan, dan hiburan.
– Potongan harga/diskon untuk sejumlah kebutuhan seperti paket data, optik, potong rambut, aksesori handphone (HP), hingga asuransi. (dtk/hm16)

Related Articles

Latest Articles