22.7 C
New York
Wednesday, August 28, 2024

KPU Tapteng Terima Berkas Pendaftaran Paslon Khairul-Darwin

Tapteng, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapanuli Tengah (Tapteng) menerima berkas pendaftaran pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati, Khairul Kiyedi Pasaribu-Darwin Sitompul, Rabu (28/8/24).

Proses pendaftaran pasangan ini disambut langsung Ketua KPU Tapteng Wahid Pasaribu dan Ketua Bawaslu Tapteng, beserta Komisioner KPU dan Bawaslu.

“Semua dokumen persyaratan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati yang mereka lampirkan ke kita sudah memenuhi syarat. Selanjutnya akan ditinjau oleh tim verifikasi KPU nantinya,” kata Wahid.

Wahid juga menyebutkan, untuk hari kedua ini pihaknya baru menerima 1 pasangan calon. “Namun kita juga masih menunggu paslon lain yang akan mendaftar hingga batas waktu yang sudah ditentukan pada hari ini yakni hingga pukul 16:00 WIB,” tandasnya.

Baca Juga : Dana Hibah Pilkada Tapteng Sebesar Rp47 Miliar Direalisasikan

Sebelumnya, Khairul Kiyedi Pasaribu-Darwin Sitompul telah datang ke KPU Tapteng di hari pertama pendaftaran dibuka, Selasa (27/8/24). Namun saat itu berkas pendaftaran yang diserahkan terkendala di Sistem Informasi Pencalonan (Silon) yang telah ditutup pada pukul 16.00 WIB.

Dengan selisih waktu 10 menit, KPU menyatakan saat itu pendaftaran ditutup dan pasangan tersebut dianggap terlambat hadir di KPU. Wahid menjelaskan, sebelumnya pasangan ini belum melakukan atau meng-upload Silon secara online.

“Misalnya, mereka sudah meng-upload sebelumnya, baru kita akan lanjutkan, ini belum ada sama sekali, gimana mau kita terima, nanti kita menyalahi aturan,” jelas Wahid kala itu. (syaiful/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles