23.5 C
New York
Wednesday, August 28, 2024

Kemendikbud Ristek Sediakan Konten Film Animasi dan Buku Digital untuk Anak

Jakarta, MISTAR.ID

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kemendikbud Ristek meresmikan penyediaan konten film animasi dan buku digital edukatif bernama Jentera (Jelajah Animasi Literasi Nusantara) untuk anak-anak.

Layanan tersebut kini bisa diakses melalui aplikasi Tripper dan PASflix, yang dapat dinikmati anak-anak saat dalam penerbangan.

Dengan aplikasi ini, anak-anak bisa mengakses tontonan dan bacaan berkualitas yang mengandung unsur edukatif selama perjalanan udara.

Film animasi yang ditawarkan merupakan hasil pemodernan karya sastra yang diproduksi oleh Badan Bahasa dan dikemas sesuai dengan perkembangan zaman.

Baca juga: Film Animasi “Moana” akan Dibuat Ulang dalam Versi Live-Action

“Fokus dari program ini adalah peningkatan literasi di Indonesia melalui platform digital. Badan Bahasa menyiapkan konten berupa video animasi, buku audio, dan buku video yang bisa diakses dengan mudah,” kata Sekretaris Badan Bahasa Hafidz Muksin, dilansir dari Kompas, Rabu (28/8/24).

Dalam aplikasi ini, tersedia 65 film animasi berdurasi 5 hingga 7 menit yang menceritakan berbagai legenda dari 33 provinsi di Indonesia.

Film-film tersebut diproduksi oleh Asosiasi Industri Animasi Indonesia (Ainaki) bersama praktisi, dosen, guru, mahasiswa, dan siswa. Selain itu, terdapat 507 buku digital, 3 judul buku audio, dan 10 buku video yang disediakan oleh Badan Bahasa, yang juga dapat diakses melalui situs budi.kemdikbud.go.id.

Hafidz menambahkan, program ini merupakan hasil gotong royong antara pemerintah dan pihak swasta melalui proses analisis kebutuhan yang kolaboratif.

“Saat ini, anak-anak dapat menikmati layanan Jentera secara luring (offline) saat terbang dengan berbagai maskapai tersebut. Ini memberikan alternatif tontonan yang memberikan tuntunan dengan pesan moral yang memperkuat karakter mereka,” ujar Hafidz.

Related Articles

Latest Articles