25.2 C
New York
Wednesday, August 28, 2024

58 Rumah Rusak Akibat Gempa M 5,5 Gunungkidul

Yogyakarta, MISTAR.ID

Informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) jika sebanyak 58 unit rumah rusak ringan dampak gempa M 5,5 pada Senin (26/8/24) malam.

Daerah yang paling banyak terimbas adalah Kapanewon Semanu, Gunungkidul.

“Rumah terdampak gempa jumlahnya 58 rumah, itu data hingga Selasa (27/8/24) malam,” sebut Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Purwono lewat telepon, pada Rabu (28/8/24).

Baca juga:BMKG: Gempa Gunungkidul Berhubungan dengan Megathrust

Purwono menuturkan, hasil cek lapangan seluruh tingkat kerusakannya kategori ringan. Di mana sebagian besar tembok retak.

“Tim BPBD tengah mendata di lapangan menyangkut efek gempa. Nanti apabila ada perkembangan bakal diinformasikan lagi,” paparnya.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul, Sumadi mengimbau warga agar tetap tenang dan tak terpengaruh oleh rumor-rumor yang tak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. “Warga diimbau tetap tenang,” ucap Sumadi.

Baca juga:Waspada! Ini Wilayah Penyimpan Potensi Gempa Megathrust

Gempa bumi bermagnitudo 5,5 itu berpusat 107 km barat daya Gunungkidul dengan kedalaman 42 km dan terjadi pada Senin (26/8/24) sekira pukul 19.57 WIB. (kcm/hm16)

Related Articles

Latest Articles