25.2 C
New York
Wednesday, August 28, 2024

Kirab Api PON XXI Aceh-Sumut Dimulai dari Kota Sabang

 

Sabang, MISTAR.ID

Api Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang digelar di Aceh dan Sumatera Utara secara resmi mulai dikirab dari Kota Sabang pada Selasa (27/8/24). Api ini akan mengelilingi 23 kabupaten/kota di Aceh, yang dikenal dengan sebutan Tanah Rencong.

Rangkaian acara dimulai dengan prosesi pengambilan belerang dari Gunung Merapi Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Sabang, sebagai sumber api.

Setelah itu, api diarak keliling Kota Sabang dengan menggunakan mobil bak terbuka oleh tiga camat dari wilayah Sabang, yakni Sukakarya, Sukajaya, dan Sukamakmue. Arak-arakan ini menuju Tugu Menara Merah Putih dan dilanjutkan ke Kantor Wali Kota Sabang.

Baca juga: Besok! Senam Nomor Artistik Awali Pertandingan Perdana PON XXI

Penjabat (Pj) Wali Kota Sabang, Andri Nourman, secara simbolis melepas kirab api PON dalam sebuah seremonial di Tugu Sabang Meurauke. “Ini sejarah bagi kita dalam pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut. Hari ini kita mulai kirab api PON,” ujar Andri.

Api PON kemudian diserahkan oleh Camat Sukajaya, Syahrial, kepada Pj Wali Kota Sabang sebelum diserahkan kepada pasukan pelari yang akan membawa obor keliling Aceh.

Sebelum melanjutkan perjalanan ke kabupaten/kota lain, pasukan pelari melakukan cek poin keberangkatan di Pangkalan TNI AL Sabang dan kemudian menuju Pelabuhan Balohan untuk berangkat ke Banda Aceh.

Perjalanan kirab ini akan berlanjut ke Kabupaten Aceh Jaya dan kabupaten/kota lainnya, dengan puncaknya di Banda Aceh pada 6 September 2024. Meskipun cuaca sempat mendung dan hujan, acara kirab api PON tetap berlangsung dengan lancar. (ant/hm25)

Related Articles

Latest Articles