25.1 C
New York
Tuesday, August 27, 2024

Jackie Chan Ditunjuk Sebagai Pembawa Obor Paralimpiade Paris 2024

Jakarta, MISTAR.ID

Aktor bela diri legendaris Jackie Chan telah ditunjuk sebagai salah satu pembawa obor dalam upacara menjelang pembukaan Paralimpiade Paris 2024.

Nama Jackie Chan ditunjuk langsung oleh panitia penyelenggara Paralimpiade lantaran ia terkenal karena aksi akrobatik dan adegan pertarungannya.

Jackie Chan akan membawa api Paralimpiade pada Rabu (28/8/24) sore di ibu kota Prancis, hanya beberapa jam sebelum upacara pembukaan dimulai.

Pria kelahiran Hong Kong yang kini berusia 70 tahun itu akan bergabung dengan aktris Prancis Elsa Zylberstein dan penari serta koreografer Benjamin Millepied dalam pawai obor.

Baca juga: Korsel Kerahkan Anjing Pelacak di Bandara, Deteksi Kutu Busuk Pasca Olimpiade Paris 2024

Acara ini akan mengikuti format yang mirip dengan upacara pembukaan Olimpiade, di mana obor akan diarak menyusuri Champs-Elysees menuju Place de la Concorde di pusat kota Paris.

Api Paralimpiade ini sebelumnya dinyalakan di Stoke Mandeville, Inggris, pada Sabtu (24/8/24), sebuah lokasi bersejarah yang dikenal sebagai tempat kelahiran Paralimpiade. Api tersebut kemudian tiba di Prancis melalui terowongan Channel pada Minggu (25/8/24), dibawa oleh Emmanuelle Assmann, peraih medali anggar kursi roda.

Menteri Olahraga Prancis, Amelie Oudea-Castera, bersama dengan kepala panitia penyelenggara Paralimpiade Tony Estanguet, menyambut kedatangan api tersebut. Oudea-Castera menyatakan bahwa acara ini bertujuan untuk “menanamkan semangat olahraga di hati para penyandang disabilitas,” dalam pernyataannya yang dikutip dari AFP, Senin.

Baca juga: Panpel Sepakbola Putri PON Tinjau Venue Stadion Mini Disporasu

Perjalanan api Paralimpiade akan terus berlanjut, di mana api tersebut akan “dilipatgandakan” menjadi 12 obor Paralimpiade yang akan dibawa oleh 1.000 pembawa obor di sekitar 50 kota dalam 12 estafet serentak.

Keseluruhan 12 estafet tersebut akan bertemu di Paris, di mana api Paralimpiade akan tiba pada Rabu (28/8/24) untuk upacara pembukaan yang megah. (ant/hm25)

Related Articles

Latest Articles