29.7 C
New York
Wednesday, August 28, 2024

Serangan 320 Roket Hizbullah Picu Penutupan Bandara Tel Aviv

Tel Aviv, MISTAR.ID

Milisi Hizbullah di Lebanon Selatan menembakkan lebih dari 320 roket Katyusha ke 11 pangkalan dan barak militer Israel, Minggu (25/8/24). Pelepasan roket ini berlangsung kala Israel dan Hizbullah saling melancarkan serangan udara menyusul ketegangan keduanya yang terus memanas sejak agresi brutal Tel Aviv ke Jalur Gaza, 7 Oktober lalu.

Sebuah pernyataan yang dikutip Al Jazeera menyebut, Hizbullah mengklaim telah menargetkan pangkalan militer Israel untuk memfasilitasi masuknya pesawat nirawak menuju target yang mereka bidik jauh di dalam wilayah Israel.

“Pesawat-pesawat nirawak itu telah meluncur sesuai rencana,” tulis pernyataan Hizbullah.

Baca Juga : Perbatasan Israel Terbakar Usai Ditembaki Roket-Drone Miliki Hizbullah

Salah satu yang telah menjadi target Hizbullah adalah pangkalan Meron dan empat lokasi IDF di Dataran Tinggi Golan. Hizbullah bahkan mengklaim tahap pertama serangan balasan ke Israel sudah sukses terlaksana.

Aksi saling serang berawal usai militer Israel mengumumkan telah melancarkan serangkaian serangan udara besar-besaran ke segala penjuru Lebanon selatan, wilayah yang dikuasai Hizbullah sejak dini hari.

Imbas ketegangan ini, militer Israel mengimbau warganya terutama di utara Israel untuk menghindari kerumunan dan berlindung di shelter-shelter. Bandara Internasional Ben Gurion di Tel Aviv pun sempat ditutup dan seluruh penerbangan dari dan menuju bandara ditangguhkan. (cnn/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles