26.6 C
New York
Tuesday, August 27, 2024

Bazar Entrepreneur FKG USU Barokah Bagi UMKM

Medan, MISTAR.ID

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Sumatera Utara (USU) mengadakan bazar enterpreneur dengan tema ‘Independen Fiesta’, pada Sabtu (24/8/24).

Memanfaatkan momen wisuda, kegiatan bazar yang diadakan menjadi berkah bagi sejumlah pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Seperti dituturkan Fahnisa (26), penjual fresh flower yang sudah 2 kali mengikuti kegiatan bazar serupa. Ia mengaku, sangat terbantu sebagai seorang yang baru memulai berjualan.

Baca juga:Mahasiswa USI Kenalkan UMKM Lokal Lewat Bazar Merdeka

“Tentu kegiatannya membantu dan positif. Kemudian untuk kita UMKM yang memang baru memulai sangat terjangkau biaya sewanya hanya Rp100 ribu per hari,” ungkapnya saat ditemui di Lobby FKG USU, Jalan Alumni No 2, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan.

“Berhubung momen wisuda dan dagangan saya juga fresh flowers, jadi target pasar jualan sesuailah dengan yang dibutuhkan,” lanjutnya.

Dengan menjual setangkai bunga seharga Rp8 ribu, Fahnisa berhasil mendapatkan keuntungan lebih dari Rp500 ribu. Dia pun berharap kegiatan serupa tetap ada.

“Harapannya sih, bazar ini terus berlangsung di setiap momen wisuda. Semoga tetap diinfokan juga ke kita yang sudah pernah ikut gitu, jadi tetap bisa berpartisipasi lagi,” tuturnya.

Baca juga:Selama Ikuti Berbagai Bazar, Omset UMKM Jadi Teka-teki

Hal serupa juga diungkapkan Dafi (38), penjual tahu walik dan minuman varian es teh. Ia juga mengaku, berhasil mendapatkan keuntungan kurang lebih Rp2 juta.

“Bersyukur kegiatan seperti ini dapat membantu UMKM dalam mencari pelanggan dan memperkenalkan produk jualan kita, dan omzet yang saya dapat sebesar Rp2 juta. Karena, saya belum menghitung keseluruhannya hingga hari ini,” jelasnya.

Dafi yang sudah kali ketiga mengikuti bazar tersebut, menjual tahu walik mulai dari Rp13 ribu hingga Rp15 ribu. Sementara untuk es teh, dijual mulai dari Rp8 ribu hingga Rp12 ribu.

“Harapan tetap diadakan, berlanjut dan juga bisa menambahkan acara yang lebih menarik lagi, sehingga dapat mengundang para mahasiswa lainnya,” tuturnya.

Baca juga:Pelaku UMKM Keluhkan Harga Stand Bazar yang Tinggi

Terpisah, Steering Committee Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKG USU, Kania Khairunnisa mengatakan, jika tujuan kegiatan bazar tersebut untuk memberikan pengalaman berwirausaha.

“Tentu untuk memberikan pengalaman berwirausaha, serta meningkatkan jiwa kreativitas dan kewirausahaan bagi mahasiswa FKG USU yang mengikuti,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Kania mengatakan, setidaknya ada 8 pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan bazar kali ini.

“Saat ini didominasi oleh bazar makanan, ada juga stand dental supply yang menjual alat kedokteran gigi, penjual bunga hingga aksesoris dan mitra yang bekerja sama dengan kami,” pungkasnya. (berry/hm16)

Related Articles

Latest Articles