15.9 C
New York
Friday, August 23, 2024

Jadi Pusat Pemeriksaan Kesehatan Bapaslon Kepala Daerah, RSUP H Adam Malik Siap Kerja

Medan, MISTAR.ID

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan direkomendasikan menjadi pusat pemeriksaan para bakal pasanagn calon (Bapaslon) kepala daerah di Pilkada Sumut 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara ditambah 21 wilayah KPU Kabupaten Kota akan melakukan pemeriksaan kesehatan di RS tersebut.

Sebelumnya, KPU Sudah merekomendasikan 3 rumah sakit, dua di antaranya adalah Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Medan dan Rumah Sakit Tentara (RS Putri Hijau).

Selepas penandatanganan kerja sama dengan sejumlah KPU,  Direktur Utama (Dirut) RSUP H Adam Malik, Zainal Safri mengatakan pihaknya siap melakukan kerja sama dengan KPU.

Baca juga: KPU Tunjuk RSUP Adam Malik Memeriksa Kesehatan 22 Bapaslon Kepala Daerah di Sumut

“Bersama KPU Sumut dan 21 KPU kabupaten/kota, kita (RSUP H Adam Malik) menandatangani kerja sama dalam pemeriksaan kesehatan para calon di Pilkada Sumut 2024. Tentunya kita berbagi tanggung jawab dengan KPU agar Pilkada Sumut 2024 bisa terlaksana dengan baik,” ujarnya, Jumat (23/8/24) siang.

Lebih lanjut, Zainal mengatakan tanggung jawab yang diberikan bukan kali pertamanya dan sudah menyiapkan sejumlah tim dalam pemeriksaan kesehatan para calon di Pilkada Sumut 2024.

“Insya Allah kami telah menyiapkan tim dokternya ada sekitar 50 orang itu juga akan dibantu dengan staf-staf yang lain agar pelaksanaannya berjalan lancar,” katanya.

Baca juga: RSUP H Adam Malik Medan, RS yang Memiliki Gedung Pelatihan Telerobotic Surgery di Sumut

Pada Pilkada ini akan dilakukan pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging (MRI), yaitu pemeriksaan medis menggunakan gelombang radio dan magnet untuk menghasilkan gambar organ, tulang, dan jaringan tubuh.

“Tentu kita sebagai RS sudah menyiapkan jauh hari dan MRI sendiri sudah dilaksanakan sehari-hari untuk pasien lainnya,” tuturnya.

Nantinya, para calon di Pilkada Sumut 2024 akan dikenakan biaya perorangan yang sudah disepakati RSUP H Adam Malik dengan KPU Sumut.

Baca juga: Gedung Pelatihan Telerobotic Surgery RSUP H Adam Malik Medan Diresmikan

“Terkait biaya, kita (RSUP H Adam Malik) dengan KPU sudah sepakat. Tentu itu terhitung perorangan karena pemeriksaan kesehatan,” ungkap Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara itu.

Demi kenyamanan dalam pemeriksaan kesehatan, RSUP H Adam Malik akan melakukan pemeriksaan eksekutif bagi para calon Pilkada Sumut 2024 di layanan eksekutif.

“Insya Allah kami akan menempatkan di Poliklinik Eksekutif, Gedung Paviliun. Jadi semua ini sudah kita siapkan dengan baik, termasuk untuk parkirnya sedang kami siapkan agar nyaman,” jelasnya.

“Pemeriksaan akan kita mulai tanggal 28 Agustus sampai 2 September dan tentu mengikuti jadwal yang diberikan oleh KPU,” pungkasnya. (berry/hm17)

Related Articles

Latest Articles