17.3 C
New York
Friday, August 23, 2024

Thailand Jadi Negara Pertama di Asia yang Laporkan Kasus Mpox

Bangkok, MISTAR.ID

Thailand melaporkan kasus pertama varian Mpox (Monkeypox) clade 1b. Laporan ini menjadikannya negara pertama di Asia yang menghadapi varian tersebut. Pasien pertama di Thailand adalah seorang pria berusia 66 tahun yang memiliki riwayat perjalanan dari Afrika.

Ia dinyatakan positif varian Mpox setelah mendarat di Bangkok pada 14 Agustus 2024. Varian Mpox clade 1b diketahui lebih mematikan dan menular dibandingkan varian lainnya, dengan angka kematian sekitar 3,6 persen, terutama berisiko bagi anak-anak.

“Departemen Pengendalian Penyakit Thailand ingin mengonfirmasi hasil tes laboratorium yang menunjukkan mpox Clade 1b pada pasien Eropa,” tulis Dinas Kesehatan setempat, dilansir dari Guardian, Jumat (23/8/24).

Baca juga: Bandara Bali Pasang 3 Thermal Scanner untuk Deteksi Awal Virus Mpox

Kasus varian ini sebelumnya ditemukan di beberapa negara Afrika seperti Republik Demokratik Kongo dan Uganda, serta di Swedia pada Agustus lalu.

Pemerintah Thailand saat ini memantau kontak dekat pasien, termasuk 43 orang yang belum menunjukkan gejala namun akan terus dipantau selama 21 hari.

Meski varian ini lebih berbahaya, penyebarannya lebih lambat dibandingkan COVID-19 karena hanya menular melalui kontak dekat. (guardian/hm20)

Related Articles

Latest Articles