17.3 C
New York
Friday, August 23, 2024

Cabor Ski Air PON XXI di Toba Ditarget Berlangsung Aman dan Kodusif

LOGO PON XII

Toba, MISTAR.ID

Cabang olahraga (Cabor) Ski Air pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan dimainkan di wilayah Danau Toba ditargetkan berjalan aman dan kondusif.

Hal itu disampaikan Kapolres Toba, AKBP Wahyu Indrajaya usai apel gelar pasukan Operasi Hatra Toba – 2024 di Lapangan Mako Polres Toba, Kecamatan Siantar Narumonda, Kabupaten Toba, Jumat (23/8/24).

Polres Toba, TNI, Pemkab Toba dan Pemprov Sumut akan melakukan koordinasi internal dalam pembahasan seperti apa rencana teknis lomba, akomodasi transportasi seperti apa, termasuk teknik pola pengamannya bagaimana.

“Intinya kita melakukan koordinasi tersebut untuk menjamin seluruh rangkaian pelaksanaan PON, baik untuk pertandingan dan kirab api PON yang melintasi atau melewati Kabupaten Toba berjalan kondusif dan lancar,” ujarnya.

Baca Juga : Mengenal Hatra, Harimau Sumatera yang Jadi Maskot PON XXI

Sementara untuk personel yang akan dikerahkan Polres Toba akan maksimal, dua pertiga dari jumlah yang ada. “Selanjutnya kita akan melihat situasi dan kondisi. Tergantung kebutuhan di lapangan akan disesuaikan penambahan personel bila dibutuhkan,” kata Wahyu.

Sementara, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Toba sebagai penyelenggara kegiatan mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan masyarakat setempat.

Mereka sudah mengkondisikan lokasi kegiatan (venue) di Kecamatan Balige untuk mengantisipasi atau menghindari konflik yang mungkin terjadi dengan warga sekitar terkait kepemilikan lahan seperti kegiatan-kegiatan sebelumnya.

Terlebih, setiap digelarnya kegiatan maupun event-event di venue selalu saja terjadi perdebatan dan protes dari masyarakat setempat. Disinggung soal ini, Kadisdikpora Toba Rikardo Hutajulu mengatakan, pemakaian dari venue dalam penyelenggaraan PON XXI 2024 tidak ada kendala dan bisa digunakan.

“Beberapa minggu ini sudah digelar gotong royong upaya pembersihan lokasi, demikian juga sosialisasi dengan warga setempat,” ucapnya.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles