15.5 C
New York
Thursday, August 22, 2024

SAR Danau Toba Belum Terima SK Keterlibatan PON XXI Sumut-Aceh

LOGO PON XII

Simalungun, MISTAR.ID

Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumut-Aceh akan dimulai pada 8 September mendatang. Dari beberapa kabupaten dan kota di Sumatera Utara, Simalungun menjadi salah satu tuan rumah Cabang Olahraga Renang bebas yang akan berlangsung di Danau Toba, Parapat.

Dalam hal ini, seluruh persiapan termasuk pengamanan sudah disiapkan guna mensukseskan ajang empat tahunan ini.

Kendati demikian, SAR Danau Toba yang memiliki wilayah tugas di tujuh kabupaten yang mengelilingi danau vulkanik terbesar di Asia itu, mengaku belum menerima surat tugas untuk terlibat dalam pengamanan.

Baca juga: 24 Atlet Asal Simalungun Siap Perkuat Sumut di PON 2024

“Sampai hari ini belum ada, padahal sewaktu pertemuan di Balai Harungguan sudah disampaikan (perihal belum menerima SK penugasan PON),” ujar Kepala Sar Danau Toba, Hisar Turnip saat dihubungi Mistar, Kamis (22/8/24).

“Ya, namanya kita sudah ditunjuk dari pusat, seharusnya tidak hilang ditengah jalan. Tetapi kami juga gak ngotot, kalau memang gak dilibatkan ya gak masalah. Karena kemarin forum besar itu (pertemuan di Harungguan), ada Dandim, Kapolres, Sekda, kalau tetap gak turun SK nya, ya mau gimana,” timpalnya lagi.

Sekda sebagai ketua pelaksana di Simalungun, kata Hisar, berhak mengeluarkan SK kepada satuannya. Hal itu menurutnya telah disampaikan panitia besar pertandingan. “Khusus renang terbuka itu diserahkan ke Sekda selaku ketua pelaksana di Simalungun,” terangnya.

Baca juga: PB PON Sumut Buka Peluang Penyiaran Pertandingan PON XXI 2024

Sementara itu, Ketua KONI Simalungun, Saihorasman Saragih, berpendapat bahwa peran serta SAR Danau Toba sangat diperlukan untuk mensukseskan kegiatan disebut. “Sewaktu pertemuan kemarin kan sudah dikomentari Kapolres Simalungun bahwa mereka harus dilibatkan. Artinya, harus dilibatkan Basarnas,” ujarnya di hari yang sama.

Ia pun membenarkan bahwa kewenangan ada pada Sekda sebagai ketua pelaksana. “Kita gak bisa komentar soal ini, tetapi demi kelancaran dan antisipasi, mana tahu ada apa-apa, Basarnas itu dibutuhkan,” katanya.

Horas menambahkan bahwa Simalungun memiliki dua atlet renang yang ikut bertanding untuk merebut medali di PON XXI Aceh-Sumut. Sebagai tambahan, Cabor Renang Perairan Terbuka Danau Toba akan dilaksanakan pada tanggal 9-11 September 2024, di Wisma Bahari, Parapat. (indra/hm25)

 

Related Articles

Latest Articles