17.3 C
New York
Thursday, August 22, 2024

Harga Beras Medium Naik Lagi di Sumut, Minyakita di Zona Merah

Medan, MISTAR.ID

Sempat mengalami penurunan di Sumatera Utara (Sumut), harga beras berkualitas medium kini kembali mengalami kenaikan.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan ESDM Sumut mencatat harga beras saat ini mengalami kenaikan 1 persen. Wilayah dengan harga jual terendah berada di Nias dengan harga Rp12.812/kg dan tertinggi berada di Kabupaten Toba dengan transaksi harga Rp15.469/kg.

“Sedangkan saat ini HET beras medium itu Rp13.100/kg dan secara harga perubahan harga per Agustus 2024 beras berfluktuatif namun tetap dijual diatas HET,” kata Kabid Perdagangan Dalam Negeri, Sujatmiko, Kamis (22/8/24).

Sementara itu, harga Minyakita juga tercatat terus mengalami kenaikan sebesar 0,6 persen jika dibandingkan dengan harga kemarin.

Baca juga: Harga Beras Medium Mulai Beranjak Turun di Sumut

Kemudian, ada dua kabupaten di Sumut yang sudah alami kenaikan di atas HET. Misalnya di Kabupaten Simalungun dan Tapanuli Selatan.

“Hari ini tercatat harga Minyakita di wilayah tersebut tembus Rp17.000/L sedangkan untuk harga beras medium juga mencapai hingga Rp15.469/kg dan ini ditransaksikan di atas Harga Eceran Tertinggi (HET),” jelas.

Sujatmiko juga menyampaikan bahwa HET Minyakita sudah resmi naik menjadi Rp15.700/L yang sebelumnya berada di angka Rp14.000/L.

“Tapi tetap saja walaupun HET sudah naik, penjualan juga ikut naik. Selama Juli hingga Agustus 2024, harga Minyakita berada di zona merah karena terus ditransaksikan di atas HET,” ungkapnya. (dinda/hm20)

Related Articles

Latest Articles